Hanif Dhakiri Dukung Pelaku UMKM Berinovasi Dalam Pemasaran Produk

TrubusNews
Thomas Aquinus
15 Feb 2019   10:00 WIB

Komentar
Hanif Dhakiri Dukung Pelaku UMKM Berinovasi Dalam Pemasaran Produk

Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri mendukung para pelaku UMKM untuk terus berinovasi dengan menciptakan dan perkuat marketplace berbasis online (pasar online) untuk pemasaran produk UMKM. 

"Era revolusi industri 4.0 ini harus disiasati, nanti manfaatkan gadget atau handphone untuk mengembangkan usahanya. Gunakan media sosial untuk kembangkan usahanya, jangan digunakan update status galau tidak jelas," katanya dihadapan ratusan pelaku UMKM saat menghadiri seminar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Gedung Belavista, Jatimakmur, Pondok Gede, Kota Bekasi, Kamis (14/2).

Hanif mengungkapkan, sektor UMKM berperan besar dalam pengurangan jumlah pengangguran dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. 

"Jumlah UMKM masih sangat mendominasi ekonomi kita bisa lebih dari 90 persen. Karena ketika UMKM maju bisa membuka atau mencipatakan lapangan kerja buat orang lain atau paling minimal mereka tidak jadi pengangguran," terangnya.

Baca Lainnya : UMKM di Wilayah Terdampak Tsunami Selat Sunda Perlu Pendampingan

Hanif juga mengapresiasi upaya Sampoerna Retail Community (SRC) yang terus melakukan pengembangan sektor UMKM dengan memberikan pembinaan kepada para UMKM.

"Keberadaan UMKM merupakan bantalan ekonomi yang kuat saat Indonesia diterpa krisis ekonomi. Partisipasi aktif seluruh dunia usaha sangat diperlukan untuk membantu pemerintah dalam memberdayakan masyarakat dengan pelatihan dan pengembangan kewirausahaan secara lebih optimal," katanya.

Sementara itu Elvira Lianita, Director PT HM Sampoerna mengatakan, sejak tahun 2008 hingga saat kini Sampoerna Retail Community (SRC) telah mempunyai 100 ribu anggota.

Elvira menjelaskan para anggota SRC mendapat pembinaan mulai dari tata pengelolaan keuangan maupun pemasaran.

Baca Lainnya : BPJS Ketenagakerjaan Dorong Pekerja UMKM Miliki Jaminan Sosial

"Kita punya tim yang membina anggota itu. Kita juga mulai ajarkan mereka melakukan pemanfaatan teknologi dalam melakukan penjualan. Seperti kegiatan seminar ini kita rutin lakukan agar toko mereka berkembang lebih baik," katanya.

Hadirnya SRC dikatakan Elvira juga sebagai bentuk kontribusinya kepada pemerintah dalam mengembangkan potensi UMKM.

"Kita ingin ikut berpartisipasi dan berkontribusi ke pemerintah, dalam mengembangan UMKM yang ada di Indonesia. Kita fokus majukan usaha para pedagang tradisional ini. Agar awalnya tokonya kecil menjadi besar, awalnya satu toko bisa dua, tiga dan enam toko," tandasnya. [NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Industri Batik dan Kerajinan Perlu Dipoles Teknologi Modern

Pendampingan   12 Okt 2020 - 10:24 WIB
Bagikan:          

Berdayakan Ekonomi Warga Melalui Bank Sampah

Pendampingan   11 Sep 2020 - 14:09 WIB
Bagikan:          
Bagikan: