5 Tips Hasilkan Uang Setelah Pensiun

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
12 Feb 2019   10:00

Komentar
5 Tips Hasilkan Uang Setelah Pensiun

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Masa pensiun bukanlah akhir dari segalanya terutama dari sisi perekonomian Trubus Mania. Masih ada beberapa peluang usaha yang dapat meningkatkan kehidupan secara sosial.

Dirangkum dari Entrepreneurcom (11/2), Trubus Mania dapat mengambil pekerjaan yang tidak terlalu banyak memakan tenaga. Kamu dapat mengembangkan keterampilan yang dimiliki selama ini. Nah, berikut adalah beberapa pekerjaan yang kamu bisa ambil setelah masuk masa pensiun:

1. Pengurus hewan

Melalui rasa cinta kepada hewan, pensiunan dapat menghasilkan uang ekstra dengan melakukan perawatan bersama hewan peliharaan. Perawatan bisa dilakukan dengan menemani hewan peliharaan jalan santai, perawatan, atau penitipan ketika si pemiliknya pergi berlibur dan tidak bisa membawa peliharaan.

Tugas lainnya yaitu dapat memberi makan, menyiram, memeriksa, membersihkan, memandikan atau memberi obat. Upah rata-rata untuk pengasuh hewan  menurut Entrepreneurcom adalah $10,82 per jam.

Baca Lainnya : Simak 4 Tips Berwirausaha ala Jokowi

2. Pemandu wisata

Apakah Trubus Mania menyukai dunia traveling sebelumnya? Jika punya pengalaman tersebut maka tidak salah mencoba sebagai pemandu wisata. Pekerjaan paruh waktu sebagai pemandu wisata mungkin sangat cocok untuk penggemar seni, makanan, selebriti atau sejarah. Selain itu juga cocok untuk seseorang yang tahu banyak tentang arsitektur atau sejarah kota. Posisi pemandu wisata paruh waktu akan memungkinkan kamu untuk berbagi pengetahuan Anda dengan orang lain dan berinteraksi dengan penduduk setempat dan wisatawan.

Tarif rata-rata untuk pemandu wisata adalah $12,42 per jam, dan belum termasuk tip.

3. Guru/instruktur

Jika Trubus Mania memiliki keterampilan yang berharga dan dapat mengubahnya menjadi peluang mengajar maka tidak ada salahnya mencobanya. Kamu dapat periksa perguruan tinggi setempat, sekolah lanjutan atau sekolah untuk melanjutkan pendidikan. Tanyakan kualifikasi semacam apa yang dibutuhkan dan kelas apa yang sedang membutuhkan tenaga pengajar bantuan.

Baca Lainnya : Trubus Mania Ingin Tingkatkan Pertumbuhan Ikan Koi, Ini Dia Tipsnya

4. Penjual/pengirim barang

Sebagai pensiunan, Trubus Mania pasti memiliki hal-hal yang telah kamu kumpulkan selama puluhan tahun, jika itu sudah tidak lagi bermanfaat, kamu dapat menjualnya. Trubus Mania bisa menjualnya dengan cara kuno seperti obralan garasi atau membawa pakaian dan tas Anda ke toko-toko konsinyasi setempat atau toko barang bekas. Atau bahkan bisa juga menjual barang-barang kamu melalui platform media sosial atau e-commerce. yang tersedia saat ini.

5. Juru masak rumahan

Jika kamu seorang pensiunan yang juga mahir sebagai juru masak atau memiliki keahlian dalam bakery, maka tidak salah jika membuka usaha kuliner dengan penduduk setempat. Selain itu kamu bisa menjualnya di media sosial supaya lebih mudah dijangkau pasar. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: