Tahun 2019, Dana Desa Pekalongan Naik 14 Persen Jadi Rp259 Miliar

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
12 Feb 2019   08:00

Komentar
Tahun 2019, Dana Desa Pekalongan Naik 14 Persen Jadi Rp259 Miliar

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi saat menghadiri sosialisasi anggaran dana desa 2019 di Aula Setda (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Pemerintah Kabupaten Pekalongan mendapat tambahan dana desa sebesar 14,1 persen dari Pemerintah Pusat sebesar Rp31 miliar lebih. Maka total dana desa yang dialokasikan untuk Pemkab Pekalongan pada 2019 sebesar Rp259 miliar lebih.

Hal tersebut dikemukakan oleh Bupati Pekalongan Asip Kholbihi saat menghadiri sosialisasi anggaran dana desa 2019 di Aula Setda. Dikatakannya, jumlah anggaran dana desa meningkat 14,1 persen dari tahun lalu.

"Tahun 2018 dana desa mencapai Rp 227 miliar lebih. Namun pada 2019 Kabupaten Pekalongan mendapat anggaran tambahan sebesar Rp 31 miliar lebih," katanya.

Baca Lainnya : IFAD Undang Kemendes PDTT Bagikan Sukses Dana Desa ke Negara Lain

Asip berharap dengan anggaran dana desa yang besar tersebut, tiap kepala desa bisa mengakomodir pembangunan di desa masing-masing.

"Mandat penting yang wajib diterapkan oleh pemerintah desa adalah mengurangi angka kemiskinan di desa menggunakan dana desa," katanya..

Asip berpendapat, pemerintah yang baik adalah pemerintah yang bisa mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Baca Lainnya : Jokowi: Tak Hanya Dilanjutkan, Anggaran Dana Desa juga Akan Terus Ditambah

“Pemerintah desa wajib hukumnya mendampingi dan melaporkan pengalokasian dana desa guna mewujudkan pemerintahan bersih dan dapat dipercaya,” ujar Asip.

Pada kesempatan tersebut, Asip juga menyinggung pentingnya pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian yang berunjung kesejahteraan.

“Untuk itu kami ingin pemerintah desa memiliki daftar jangka panjang pembangunan desa baik terkait perekonomian ataupun pembangunan infrastruktur,” tandasnya. [NN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: