Belajar UMKM dari Kebangkitan Ekonomi China

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
07 Feb 2019   22:30

Komentar
Belajar UMKM dari Kebangkitan Ekonomi China

Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kebangkitan ekonomi China tidak terlepas dari pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang pesat di negara tersebut. Diakui Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan kini Indonesia belajar pengembangan UMKM dari kebangkitan China tersebut.

Hal tersebut disampaikan Luhut dalam Seminar Nasional bertema “Pengembangan UMKM dan Workshop Menembus Pasar Digital” di Sheraton Ballroom, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (7/2).

"Perkembangan China ini sangat luar bisa. Mengapa? Karena UMKM di sana begitu berkembang dan kita pun belajar dari China," kata Luhut.

Baca Lainnya : Baru 30 Persen Produk UMKM di Purwakarta yang Kantongi Sertifikat BPOM

Menurutnya pada tahun 2000 China berada pada peringkat kelima dan terus mengalami peningkatan. Puncaknya, pada tahun 2017 mereka berada di peringkat kedua ekonomi dunia.

Keberhasilan China dalam membangun ekonomi melalui UMKM, menjadi salah satu pelajaran penting bagi Indonesia yang memiliki lebih banyak potensi UMKM untuk dikembangkan.

Baca Lainnya : BPOM Canangkan Gerakan UMKM Jamu yang Berdaya Saing

Namun Luhut memastikan, belajar dari China bukan berarti mengubah arah pembangunan bangsa yang mandiri dengan mengoptimalkan potensi yang ada.

"Presiden Jokowi sudah mengatakan bahwa ekonomi kita tidak berkiblat ke AS ataupun ke China, kita harus bisa membangun ekonomi kita sendiri," ujar Luhut. [NN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: