Program Perhutanan Sosial Jokowi Ubah Kehidupan Petani di Garut

TrubusNews
Thomas Aquinus
07 Feb 2019   15:00 WIB

Komentar
Program Perhutanan Sosial Jokowi Ubah Kehidupan Petani di Garut

Presiden RI, Joko Widodo (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Petani mengapresiasi program perhutanan sosial yang gencar dilakukan selama pemerintahan Presiden Joko Widodo. Menurutnya, program tersebut memiliki banyak manfaatnya.

Hamzah, perwakilan dari Paguyuban Tani Sunda Hejo di Garut, Jawa Barat, mangakui salah satu perubahan yang dirasakan adalah soal aturan masa bakti pengelolaan lahan hutan.

Program perhutanan sosial era Jokowi menerapkan aturan masa bakti pengelolaan lahan menjadi 35 tahun.

"Sebelumnya, hanya lima tahun, dan itu belum tentu diperpanjang," kata Hamzah di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (6/2).

Baca Lainnya : Perangkat Desa di Riau Dibimbing Wawasan Tentang Perhutanan Sosial

Menurutnya, aturan masa bakti penggarapan lahan ini dinilai telah memberikan kepastian hukum bagi petani. Dampaknya, masyarakat perkebunan jadi lebih tenang dalam merencanakan usaha tani mereka.

Selain itu, Hamzah juga mengakui dahulu izin masa bakti hanya bisa keluar dari Perhutani tingkat kabupaten. Namun, saat ini, izin penggarapan lahan dikeluarkan langsung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

"Banyak regulasi, banyak kemudahan untuk masyarakat desa hutan yang sebelumnya kurang tersentuh pemerintah," kata petani komoditas kopi di Garut itu.

Baca Lainnya : Lanjutkan Perhutanan Sosial, KLHK Verifikasi Empat Kelompok Tani

Masyarakat di desa hutan juga mendapat bantuan modal dengan bunga ringan dari pemerintah. Ada pula aturan yang mewajibkan pemangku kepentingan di pemerintahan lokal untuk membantu petani yang menggarap lahan hutan.

"Menurut saya program Pak Jokowi ini bagus dan harus dilanjutkan di daerah lain. Bagi saya ini sebagai bentuk kekuatan ekonomi rakyat," katanya. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Menkop UKM Ungkap 5 Masalah Utama yang Hambat Perkembangan UMKM

Keuangan Mikro   15 Nov 2019 - 08:08 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          

Sistem IDM Dapat Membantu Pembangunan Desa Mandiri

Pendampingan   15 Nov 2019 - 06:52 WIB
Bagikan: