BUMDes di Negeri Laskar Pelangi Tingkatkan Perekonomian Wisata

TrubusNews
Thomas Aquinus
07 Feb 2019   06:00 WIB

Komentar
BUMDes di Negeri Laskar Pelangi Tingkatkan Perekonomian Wisata

Bupati Belitung H Sahani Saleh (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) mengungkapkan keinginannya agar setiap Pemerintah Desa (Pemdes) di Negeri Laskar Pelangi membentuk Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes. Hal tersebut dilakukan agar terjadi peningkatkan pengembangan ekonomi di wilayahnya. 

Target pemerintah pada tahun 2019 diupayakan sudah terbentuk BUMDes secara keseluruhan. Hal tersebut mengingat Belitung saat ini sudah memiliki berbagai macam perencanaan, khususnya pengelolaan destinasi wisata.

"Itu yang kami berharapkan, disamping kelompok masyarakat, BUMDes juga harus berperan aktif disitu. Karena pariwisata ini multiplayer effect, jangan sampai nanti tidak ada BUMDes, orang lain sudah berkembang, Desa si 'A' belum," ungkap Sanem, Rabu (6/2).

Baca Lainnya : Desa di Hulu Sungai Tengah Semangat Bangun BUMDes

Untuk pengembangan rencana program pariwisata tersebut, Sanem mengatakan akan bekerjasama dengan sistem smart city, smart tourizm, dan berbagai program smart lainnya. Ini sebagai salah satu untuk program kedepan, dalam perihal penataan perekonomian masyarakat.

"Nanti bersinergi dengan Kabupaten. Karena Belitung ini sudah menjadi pulau dunia, bukan lagi pulau sendiri, otomatis harus mengikuti perkembangan dunia, salah satunya berbelanja dengan sistem non tunai," ujarnya. [NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Menkop dan UKM Optimis Brand Kopi Lokal Mampu Bersaing

Pendampingan   22 Jan 2020 - 08:07 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: