5 Tips Bisnis Kuliner Restoran Bagi Pemula

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
01 Feb 2019   07:00

Komentar
5 Tips Bisnis Kuliner Restoran Bagi Pemula

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Menjamurnya sektor usaha kuliner di Indonesia saat ini membuktikan bahwa bisnis tersebut sangat potensial. Nah, jika Trubus Mania berminat mendirikan usaha di tahun 2019 ini namun belum memiliki ide yang menarik, coba pikirkan lagi untuk membuka restoran.

Saat ini membangun bisnis kuliner dengan konsep restoran cocok untuk semua golongan usia. Namun Trubus Mania harus ketahui proses apa saja yang perlu disiapkan untuk merintis bisnis tersebut. Melansir dari Entrepreneurcom (31/1), berikut adalah urutan yang Trubus Mania dapat pelajari:

1. Tiga besar utama

Ada 3 faktor yang dapat menguntungkan saat membuka restoran baru. Seperti lokasi, bakat kuliner dan konsep yang hebat.

Pertama, lokasi usaha harus sesuai dengan konsep kamu. Hal tersebut mengingat aksesibilitas adalah segalanya. Keberhasilan atau kegagalan restoran salah satu faktornya bisa disebabkan oleh lokasi. Maka tidak salah jika kamu mulai mencari lokasi terbaik.

Kedua, daftar menu yang siap dihidangkan dengan berbagai nama unik. Selain itu, menu sesuai tren cukup menarik karena mayoritas pelanggan senang mencoba hidangan baru. Namun yang paling utama dan penting adalah reputasi setiap restoran terletak pada koki restoran. Oleh karena itu, hanya koki yang tepat yang Trubus Mania butuhkan untuk mewujudkan impian kamu.

Terakhir, memilih konsep usaha kamu mungkin adalah keputusan yang paling sulit, tetapi itu adalah aspek yang paling penting untuk dipertimbangkan dengan benar.

2. Nama Restoran

Pelaku usaha harus memilih nama yang sesuai dengan konsep atau mencerminkan lokasi restoran atau pelanggan atau sekadar permainan kata-kata. Pilihlah nama restoran yang mudah diingat dan berkesan bagi pelanggan untuk menemukan tempat usaha kamu. 

3. Menu Restoran

Jangan terlalu banyak menyajikan jenis makanan, terlalu banyak pilihan membuat pelanggan sulit untuk membuat keputusan dan bahkan lebih sulit bagi dapur kamu untuk membuat banyaknya hidangan yang berbeda. Selain itu, desain menu masing-masing harus jelas, ringkas, dan mudah dibaca.

4. Desain Restoran

Saat memulai restoran, seseorang harus memikirkan bagaimana dapat mengatur tata letak untuk memenuhi tujuan. Ini termasuk tugas-tugas yang berbeda seperti peralatan dapur, perabotan, meja, kursi, bar, karya seni, dll. Temukan keseimbangan sempurna untuk mengakomodasi tempat duduk yang optimal serta kesempurnaan dalam desain.

5. Staf yang Tepat

Salah satu langkah yang penting dalam membuka restoran adalah mempekerjakan staf untuk melakukan operasional restoran. Pertimbangkan semua posisi yang perlu diisi di restoran sebelum merekrut staf. Ini termasuk manajemen sumber daya manusia dan pengawas, pembelian makanan dan minuman, layanan makanan, dan pencuci piring, pemasaran dan penjualan, hubungan masyarakat, akuntansi, dan kasir. 

Perlu diperhtaikan, staf adalah jantung bisnis kamu, maka pastikan untuk mencari kandidat yang telah memiliki pengalaman sebelumnya dan kemampuan baik untuk melakukan banyak tugas dan bekerja dengan cepat dan efisien. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: