2.836 Fasilitator Diterjunkan Bantu Percepatan Rekonstruksi Pascagempa NTB

TrubusNews
Syahroni
30 Jan 2019   22:00 WIB

Komentar
2.836 Fasilitator Diterjunkan Bantu Percepatan Rekonstruksi Pascagempa NTB

Korban gempa lombok, NTB. (Foto : Trubus.id/ Thomas Aquinus)

Trubus.id -- Gempa meluluh lantahkan pemukiman warga Nusa Tenggara Barat (NTB) beberapa waktu lalu. Hingga kini, rekonstruksi pun terus dilakukan untuk membantu masyarakat yang terdampak. Untuk itu, guna mempercepat proses rekonstruksi ini, dibutuhkan fasilitator terpadu rumah rusak berat untuk membantu warga membangun kembali hunian mereka pascagempa.

Rabu (30/1), ribuan personil fasilitator itu diberangkatkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Doni Monardo dari Lapangan Bumi Gora, Kantor Gubernur NTB, Mataram. Doni yang menjadi inspektur upacara pemberangkatan mengatakan, fasilitator unsur terpadu rumah rusak berat dalam rangka percepatan rekonstruksi pascagema di NTB ini terdiri dari unsur sipil dan TNI-Polri.

Baca Lainnya : Bina Swadaya Bagikan Selimut dan Lampu Solar Cell Kepada Korban Gempa Palu

"Bahwa fasilitator, baik itu yang berasal dari unsur sipil maupun dari unsur TNI-Polri untuk membantu masyarakat dan pemerintah dalam mempercepat pelaksanaan rekonstruksi pascagempa yang melanda wilayah NTB beberapa waktu yang lalu dampak gempa bumi yang melanda wilayah NTB, tidak hanya berdampak pada saat bencana tersebut terjadi. Namun hingga saat ini pengaruhnya masih dirasakan oleh masyarakat," ujar Doni dalam keterangan tertulisnya pada awak media, Rabu (30/1).

Total fasilitator yang dilepas sebanyak 2.836 personel. Ditargetkan jumlah fasilitator bertambah jadi 4.789 orang. Ia menambahkan, dari total fasilitator yang tergelar 2.836 orang akan mencapai 3.789 orang. Hal ini tentunya ini akan perlu ada tambahan dari unsur TNI yang memiliki kualifikasi di bidang konstruksi.

Baca Lainnya : Belajar dari Joint Response ERCB Bantu Ratusan Korban Gempa Lombok

"Kita harapkan protesnya tidak terlalu lama dan kami juga mohon kepada Bapak Gubernur untuk kiranya kesempatan pertama mengajukan sesuai kebutuhan sehingga diharapkan terdapat seluruhnya 4.789 orang fasilitator," kata Doni lagi.

Doni berpesan supaya para fasilitator saling berkoordinasi serta memperhatikan kearifan lokal dengan masyarakat sekitar. Doni berharap fasilitator mempercepat rekonstruksi pascagempa NTB.

"Saya berharap melalui pelepasan dan pemberangkatan fasilitator ini akan memperlancarkan percepat rekonstruksi pascagempa. Dengan demikian, kondisi kehidupan masyarakat di NTB atau masyarakat yang terdampak gempa dapat kembali seperti semula sebelum terjadinya gempa," jelas Doni. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: