Hadapi Revolusi Industri 4.0 Indonesia Telah Investasi SDM Sejak Dini

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
14 Jan 2019   22:00

Komentar
Hadapi Revolusi Industri 4.0 Indonesia Telah Investasi SDM Sejak Dini

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan, pendidikan usia dini sangat penting untuk membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0. Ungkapan tersebut disampaikan dalam acara Seminar dan Dialog Nasional “Penyiapan Sumberdaya Manusia Indonesia menghadapi Revolusi Industri ke- 4, di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta.

“Kita sekarang menggunakan pendidikan wajib belajar 9 tahun itu berarti dia sampai SMP. Namun, 9 tahun dihitungnya dari SD. Indonesia saat ini telah memiliki Paud, oleh karena itu sekarang Indonesia mengenai investasi SDM dari semenjak usia dini hingga dia mencapai pendidikan dasar dan menegah menjadi sangat penting,” ujarnya, Jakarta, Senin (14/1).

Baca Lainnya : Cetak SDM Penyandang Disabilitas Berkualitas, Kemenperin Punya Diklat 3 in 1

Menurutnya, pendidikan usia dini seperti Paud dan wajib belajar 9 tahun merupakan salah satu cara meningkatkan kualitas SDM yang sehat, cerdas, dan produktif di era industri 4.0. Sebelumnya, Pemerintah telah mengalokasikan Rp495 triliun untuk anggaran pendidikan di tahun 2019.

“20% adalah untuk anggaran pendidikan nilainya di tahun 2019 seperti tadi yang dikatakan Bapak Wakil Presiden Rp495 triliun. Persoalan bagaimana mendesain anggaran pendidikan ini untuk bisa menyiapkan tenaga kerja yang memiliki kapasitas,” katanya.

Saat ini pertumbuhan ekonomi dan tenaga kerja di Indonesia memiliki komposisi penduduk yang sangat besar. Sri Mulyani mengatakan, RI masih termasuk negara besar dengan jumlah anak muda yang masih produktif.

“Kita memiliki kekuatan dari sisi tenaga kerja, dari jumlah tenaga kerja, namun tidak dari sisi kualitasnya. namun dari sisi demografi yang muda memberikan kekuatan,” katanya. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: