Peluang Bagus, Perempuan Ini Kembangkan Produk Ecoprint Khas Lampung

TrubusPreneur
By Karmin Winarta | Followers 0
10 Jan 2019   16:00

Komentar
Peluang Bagus, Perempuan Ini Kembangkan Produk Ecoprint Khas Lampung

Tri Indah Noviana, pebisnia ramah lingkungan (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kesadaran tentang produk ramah lingkungan tampaknya makin berkembang. Tren baru ini dijadikan peluang bagi orang-orang kreatif dalam mencipta produknya. Saat ini makin banyak produk ramah lingkungan yang beredar di pasar. 

Salah satu pebisnis yang peduli lingkungan ini adalah Tri Indah Noviana. Perempuan yang tinggal di Jalan Pagar Alam Gg. Bahagia no. 37 (PU) Bandar Lampung ini membangun bisnis ecoprint yang ramah lingkungan.

"Bisnis ini awalanya sebenarnya hobi, memang sejak gadis saya suka nge-craft, jahit-menjahit danmembuat kerajianan tangan. Saat itu hasilnya hanya dipakai sendiri atau dibeli oleh teman-teman, " kataya kepada Frubus.id.

Baca Lainnya: Kreatif, Perempuan Ini Ubah Kain Tapis Lampung Jadi Clutch Unik dan Elegan 

Namun sejak 2013 ia mulai serius mengembangkan bisnisnya. Mulai dari aksesoris ramah lingkungan, daur ulang sampah dan pernak pernik home dekor,  aksesoris wedding dan sovernir khas Lampung.  Bisnis perempuan yang juga ketua Koperasi Crafter Cinta Lampung ini terus tumbuh. Kini ia mengembangkan bisnis di bidang kain dan jilbab ecoprint.

Ecoprint adalah teknik pemotifan kain dengan memakai pewarna alam yang bisa diambil dari lingkungan sekitar. Sehingga produk yang dihasilkan benar-benar ramah lingkungan karena tak mengandung bahan kimia.  

Tri Indah Noviana menilai, bisnis ini mempunyai prospeknya bagus. Karena itu ia kini lebih memfokuskan bisnisnya pada kain dan jilbab pewarna alam. Namun beberapa kendala ia hadapi. Bahan-bahan pewarna alam alam sulit di dapat di sekitar rumahnya di Lampung. 

"Karena di daerah ini belum banyak pelakunya. Saya harus ambil pewarna alam dari Jogja dan Solo, " katanya. Namun kendala itu membuatnya lebih bersemangat untuk menciptakan warna-warna dari bahan yang ada di sekitarnya. Mulai dari kulit manggis, daun jati, kulit mangga dan lainnya. 

Untuk mengembangkan skill-nya ia rajin mengikuti workshop di berbagai forum. Sebenarnya tahun 2012 ia telah belajar mengenai teknik ecoprint ini di Jogja. Namun saat itu ia belum fokus menekuninya.

(Produk ecoprint dengan inovasi motif siger menjadi yang pertama diLampung. Ecoprint yang sudah mendunia diberi motif khas daerah "Siger sebagai ciri khas produk galeri omah Cinta.)

Kini ia telah jatuh cinta dengan ecoprint. Ia sibuk menciptakan desain-desain unik yang terinspirasi dari alam. Produk-produknya ini ia posting di akun Instagramnya @galeri_omahcinta.

Baca Lainnya: Nauval, Entrepreneur Muda dari Boyolali yang Berdayakan 250 Petani Susu

Peminatnya produknya tak hanya dari kota Lampung, namun juga dari berbagai kota. Bahkan beberapa waktu lalu sempat datang rombongan dari luar negeri ke galerinya. Kebanyakan mereka terpukau dan surprise dengan hasil produksinya yang ramah lingkungan.

Saat ini ia baru mampu memproduksi 40-50 lembar kain dalam sebulan. Menurutnya proses ecoprint cukup memakan waktu, selain membuat desainnya yang tak pernah sama.

(Bersama menteri Koperasi Dan UMKM Dan bapak walikota Bandar Lampung diacara bazar UKM propinsi Lampung.)

"Saya ingin bisa menciptakan semua produk ramah lingkungan, selain kain ecoprint, juga produk daur ulang dari koran, dan material lainnya. Saya ingin lebih banyak orang beralih ke produk yang aman di lingkungan. Kita membuat, menjual sampai mengedukasi masyarakat.

Sebagai ketua koperasi, ia juga mengedukasi anggotanya yang berjumlah 50 pengrajin. Tri Indah mengajak semua pengrajin atau crafter untuk menciptakan produk-produk yang mempunyai ciri khas Lampung.

  2


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Dedi Hartono 11 Jan 2019 - 18:47

Luar biasa, patut ditiru kreatifitas dalam hobi, berpikir tentang produk ramah lingkungan, menghasi

Dedi Hartono 11 Jan 2019 - 18:19

Luar biasa, patut ditiru semangat kreatifitas, berbagi, dan "back to nature" nya. Semoga s

Artikel Terkait

Pemerintah Dukung Koperasi dengan Regulasi Khusus

Thomas Aquinus   Keuangan Mikro
Bagikan:          

Koperasi dan UKM Mutlak Perlu Lakukan Kemitraan

Thomas Aquinus   Keuangan Mikro
Bagikan:          
Bagikan: