Perguruan Tinggi di Yogyakarta Cetak Petani Milenial Kota dengan Hidroponik

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
09 Jan 2019   11:00

Komentar
Perguruan Tinggi di Yogyakarta  Cetak Petani Milenial Kota dengan Hidroponik

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Permintaan pasar hasil produksi hidroponik di Indonesia yang terus meningkat mengindikasikan semakin meningkatnya masyarakat yang sadar akan hidup sehat. Bahkan, makanan yang sehat dan berkualitas banyak dicari termasuk sayuran hidroponik seperti sawi, bayam dan selada.

Permintaan stok sayur hidroponik, kini datang dari berbagai kalangan penyedia makanan seperti hotel, restoran, kafe, rumah sakit, supermarket dan mal besar.

Melihat peluang tersebut, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta Magelang (YoMa) menggerakkan mahasiswa sebagai generasi muda bertani secara modern, yaitu dengan menghasilkan sayuran sehat dengan budidaya hidroponik. 

Baca Lainnya : Kemendes PDTT Akan Bantu Pasarkan, Sayuran Hidroponik Kaum Difabel Sleman

"Hidroponik merupakan salah satu metode yang sangat cocok dilakukan didaerah pertanian, karena selain sangat menguntungkan  bisa menambah penghasilan, juga bisa digunakan sebagai hobi," ujar Agus wartapa dosen mata kuliah pertanian perkotaan Polbangtan Yoma. Menurutnya sistem hidroponik cocok untuk daerah perkotaan, terutama pada lahan sempit.

Sementara itu Ananti Yekti, Wakil Direktur 1 Polbangtan Yoma mengatakan, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk meraih pasar dalam budidaya hidroponik. Diantaranya  adalah menentukan target pemasaran, merencanakan produk, menentukan harga jual, menyusun strategi distribusi dan promosi. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: