Tiru Jepang, Jusuf Kalla Ingin Masyarakat Rutin Latihan Mitigasi Bencana

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
09 Jan 2019   10:30

Komentar
Tiru Jepang, Jusuf Kalla Ingin Masyarakat Rutin Latihan Mitigasi Bencana

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Wakil Presiden Jusuf Kalla mengungkapkan pemerintah perlu mengadakan lebih banyak latihan untuk masyarakat dalam hal mitigasi bencana. Hal tersebut dikatakan Jusuf Kalla melihat banyaknya bencana alam yang terjadi di Indonesia sepanjang 2018 lalu.

"Soal kebencanaan itu tidak perlu diajarkan, cuma perlu dilatih, ya perlu dilatih. Ya tentu dari latihan itu, menjelaskan jadi kalau ada bencana, bisa bersikap seperti ada gempa, maka anda harus di bawah meja, contohnya. Hal-hal begitu dilatihkan bukan diajarkan," ujar Jusuf Kalla di kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (8/1).

Jusuf Kalla  berpendapat, penanganan bencana terbaik masih dimiliki oleh Jepang. Menurutnya, Jepang secara berkala melakukan pelatihan mitigasi bencana dua kali dalam setahun.

Baca Lainnya : Mendesak, Pemerintah Daerah Harus Kuasai Pendidikan Kebencanaan

"Kita minta ini teratur (pelatihan mitigasi bencana). Katakanlah dua kali setahun, di Jepang begitu. dua kali setahun," katanya.

Jusuf Kalla mengakui, pelatihan mitigasi bencana baru dilakukan di daerah-daerah dengan kategori rawan bencana, seperti Aceh, Padang, dan Bengkulu.

"Ya tentu (ke depannya) kita nanti minta BNPB untuk laksanakan," ujar Jusuf Kalla.

Baca Lainnya : Kreatif, BNPB Sosialisasikan Kebencanaan dengan Taman

Lebih lanjut, terkait dengan menambahkan kurikulum mitigasi bencana dalam perangkat pendidikan dinilainya tidak perlu.

"Kurikulumnya macam mana, di mana-mana pelatihan, apa yang mau diajarkan, itu masih jaman dulu namanya ilmu bumi, sekarang Geografi kan. Bisa disitu masukan aja. Tidak perlu lagi diajarkan. Cukuplah latihan, latihan, latihan, latihan. Simulasi itu saja," ujar Jusuf Kalla. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: