DPAD Papua Gencarkan Pojok Baca di Kampung

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
09 Jan 2019   09:00

Komentar
DPAD Papua Gencarkan Pojok Baca di Kampung

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Provinsi Papua melakukan proyek perubahan dengan melibatkan kabupaten/kota untuk menyediakan serta menguatkan pojok bacaan buku di kampung-kampung pada wilayah masing-masing.

Kepala DPAD Provinsi Papua, Hans Hamadi, di Jayapura mengatakan, penyediaan dan penguatan pojok bacaan sebelumnya telah diterapkan di Kampung Skouw, Distrik Muara Tami dan Kawasan Kali Acay, Distrik Abepura, Kota Jayapura.

"Kini kami sedang menyediakan buku, untuk dikirim ke kampung-kampung, seperti di Kampung Demta dan di Biak," katanya, Selasa (8/1).

Dikatakan Hans, penyediaan dan penguatan pojok bacaan di kampung-kampung tersebut merupakan bagian dari proyek perubahan jangka pendek.

Baca Lainnya : Tingkatkan Literasi Masyarakat Kemenristekdikti Hadirkan Perpustakaan Tata Kelola Keuangan

Sedangkan untuk perubahan jangka panjang, bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan kabupaten/kota untuk menyediakan dan menguatkan pojok bacaan di seluruh kampung di Provinsi Papua guna meningkatkan minat baca siswa serta masyarakat.

Selain itu, pihaknya juga melakukan kerja sama dengan kepala sekolah TK,sekaligus melibatkan pustakawan untuk mengunjungi sejumlah lokasi sejarah di Kota dan Kabupaten Jayapura, seperti Tugu atau Monumen Pendaratan Tentara Sekutu pada Perang Dunia II di Hamadi, serta Tugu Pepera di APO, Kota Jayapura.

Baca Lainnya : Biblioburro, Perpustakaan Keliling dengan Dua Keledai

"Kami ingin mengubah pola pandang anak-anak, di mana kini lebih cenderung memanfaatkan teknologi informasi ketimbang membaca buku," ujarnya.

Ditambahkannya, selain berkunjung ke lokasi-lokasi bersejarah, pihaknya juga berencana untuk menggelar dialog atau tanya jawab sederhana dengan pejabat-pejabat pemerintah seperti gubernur, bupati, wali kota dan lain sebagainya yang dapat menceritakan bahwa menjadi pemimpin dimulai dari rajin membaca dan pergi ke sekolah. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: