Kreatif, Perempuan Ini Ubah Kain Tapis Lampung Jadi Clutch Unik dan Elegan 

TrubusPreneur
By Karmin Winarta | Followers 0
08 Jan 2019   14:02

Komentar
Kreatif, Perempuan  Ini Ubah Kain Tapis Lampung Jadi Clutch Unik dan Elegan 

Yuni Safitri (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Lampung, banyak orang mengenal wilayah di ujung pulau Sumatera ini dengan destinasi wisatanya, mulai dari Teluk Kiluan, Taman Nasional Way Kambas dan Pantai Dewi Mandapa. Selain itu untuk wisata budaya Lampung sangat populer dengan kain tapisnya.

Kain tenun khas Lampung dengan sulaman emasnya ini kini mulai dikenal banyak pecinta wastra. Karena itu salah satu crafter, Yuni Safitri memanfaatkan kain tapis ini untuk membuat clutch.

Baca Lainnya: Nauval, Entrepreneur Muda dari Boyolali yang Berdayakan 250 Petani Susu

Perempuan yang juga pengelola sekolah taman kanak-kanan ini memulai usaha clutchnya sejak tahun 2016. Namun sebelumnya ia telah mencoba berapa bisnis di bidang kreatif lainnya. Saat ini usahanya telah berkembang.

Kepada Trubus.id ia mengatakan, mayoritas penjualan produk yang dinamai "hepiku" ini dilakukan lewat online, baik melalui Instagram maupun Facebook. 

"Hampir 90 persen penjualan lewat media sosial, selebihnya datang ke rumah yang sekaligus dijadikan gerai, "katanya Selasa (8/1).

Peminat clutch buatannya bukan hanya dari Lampung, namun juga berasal dari kota-kota lain. Mulai dari Jakarta, Semarang, Balikpapan dan lainnya. Saat ini ia dibantu oleh 4 orang untuk mengerjakan cltuch-clutch lucu yang dijual antara 200 ribu sampai 500 ribu.

"Semua produk kami dikerjakan secara hand made, dan eksklusif. Satu desain untuk satu produk, kecuali memang ada permintaan design yang sama " tambahnya.

Baca Lainnya: Dengan Hidroponik, Sekarang Faris Sukses Jadi Petani Kekinian

Perempuan ini mengaku bisa mendesain clutch-clutch cantik ini hasil dari belajar otodidak. Selain  itu ia juga aktif belajar dengan para crafter yang ada di Lampung.

Yuni yang ternyata dari Jawa ini juga mendirikan komunitas Pondok Kreatif Lampung (potla). Ia mengajak para ibu-ibu di Kampung Karanganyar, Pal Putih Dua, Kecamatan Jatiagung, Lampung Selatan untuk belajar membuat barang-barang kerajinan. Saat ini anggotanya mencapai 20 sampai 25 orang.

Selain mengajari bagaimana cara membuat clutch, para ibu juga diajari bagaimana membuat buket bunga dan produk kreatif lainnya. Inspirtif kan?

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: