Kaya Potensi Alam, Kendal Targetkan Bentuk 101 Pokdarwis

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
08 Jan 2019   09:30

Komentar
Kaya Potensi Alam, Kendal Targetkan Bentuk 101 Pokdarwis

Potensi wisata alam di Kendal (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kabupaten Kendal yang kaya akan obyek wisata dan kesenian yang beranekaragam sangat potensial untuk menjadi daya tarik wisata. Melihat potensi wisata yang besar inilah Kabid Pariwisata Dinas Kepemudaan, Olahraga dan periwisata Kabupaten Kendal Mardi Edi Susilo menargetkan, tahun 2019 ada 101 kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di wilayah ini. 

"Saat ini sudah terbentuk 40 kelompom sadar wisata dan masing-masing sudah memiliki obyak wisata yang akan memperkaya dunia wisata di kabupaten Kendal," kata Mardi dalam acara sarasehan Pokdarwis di desa Merbuh Kecamatan Singorojo.

Acara Merbuh Culture Festival oleh Pokdarwis Desa Merbuh Kecamatan Singorojo bertujuan sebagai upaya menumbuhkan dan membentuk desa wisata. Acara yang digelar Minggu (6/1) di Lapangan sepak bola Desa Merbuh ini menyajikan dan mengangkat keafifan lokal seperti UMKM yang menyajikan makanan lokal dan juga durian lokal.

Baca Lainnya : Desa Wisata Kertajaya Creative Destination Raih Penghargaan Ramah Lingkungan

Pokdarwis Desa Merbuh yang baru saja berdiri mulai memperkenalkan wisata desanya seperti Bukit Teletubies dan Curug Gunung Gede serta layanan edukasi berupa rumah pintar.

Pujiyanto Ketua Pokdarwis Desa Merbuh menjelaskan, hal menarik saat menuju wisata desa Bukit Teletubies karena medan jalan yang belum terbangun justru menjadi daya tarik para pecinta offroad

"Kami saat ini mempersiapkan sumber daya manusianya terlebih dahulu baru nanti infrastrukturnya," kata Pujianto.

Baca Lainnya : Inspiratif, Kades Tebara Jadikan Desanya Destinasi Wisata Dunia

Sementara itu Kepala desa Merbuh Kecamatan Singorojo Fajar Aji Triwiyanto mengungkapkan, dirinya membangun desa wisata dengan cara menggali informasi dan keinginan dari bawah dan tidak asal perintah. Hal tersebut diakuinya berdampak pada agak ketinggalan dengan desa yang lain yang sudah terlebih dahulu membuat Pokdarwis dan sudah mengasilkan desa wisaya. 

"Kami membangun dai bawah sehingga suara rakyat kami perhatikan, ini yang membuat terkesan lama," kata Fajar. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: