Polbangtan Medan Promosikan Enterpreunership Kopi 

TrubusPreneur
By Syahroni | Followers 2
24 Des 2018   09:00

Komentar
Polbangtan Medan Promosikan Enterpreunership Kopi 

Polbangtan Medan menggelar FGD untuk mempromosikan Enterpreneurship Kopi, Sabtu (22/12) lalu. (Foto : Doc/ Kementan RI)

Trubus.id -- Tak kurang dari 50 peserta yang terdiri dari petani penggiat kopi dari beberapa wilayah di Sumatera Utara, pemlik kafe serta dosen dan mahasiswa Polbangtan menghadiri Forum Grup Discussion (FGD) yang digelar Kementan di Hotel Garuda Plaza Medan, Sumatera Utara, Sabtu (22/12) lalu.

FGD ini sendiri digelar dengan tujuan antara lain untuk meningkatkan jejaring kemitraan dengan berbagai stakeholder dibidang kopi serta memperoleh masukan dan informasi dari stakeholder terkait dengan pasar kerja bagi lulusan sesuai dengan kebutuhkan dunia usaha dan dunia indutri.

Pemberdayaan warung kopi /café (sektor hilir) dan juga kelompok tani penghasil kopi (sektor hulu) bertujuan untuk meningkatkan nilai jual, posisi tawar dan pendapatan petani di satu sisi. Yang kedua, meningkatkan mutu pengusaha café bisa memilih kriteria produk yang diinginkan dengan harga yang perdana/ premium. Jadi kedua belah pihak mendapat harga yang premium.

Forum ini menghasilkan manfaat yang tidak kalah pentingnya sebab pendekatan ini dinilai sangat efisien dan efektif karena bertemu aple to aple.Bukan melalui pihak ke tiga, jadi tidak ada pemburu rente yang menikmati keuntungan selama ini. Tujuan sampingnya adalah mengeleminasi pemburu rente yang tidak berkeringat tetapi mendapatkan keuntungan yang sangat banyak.

Cara-cara ini akan terus dikembangkan oleh POLBANGTAN Medan agar petani makin berjaya dan pengusaha akan mendapatkan barang yang terbaik harga yang berkualitas dan jaminan pasokan yang memadai, karena tidak digoreng pihak ke tiga yang selalu mempermainkan pasokan dan harga.

Barista Polbangtan Dongkrak Warung Kopi Rakyat

Dalam kesempatan yang sama, Polbangtan Medan juga melakukan branding café menengah ke bawah di Medan, branding dekorasinya menunya higenisnya, orangnya dan publikasinya sampai saat ini sudah diidentifikasi 20 warung coffee dan semua merespon sangat positif .

Kemudian yang kedua, alumni Polbangtan Medan juga bukan hanya dididik untuk bekerja tapi juga menciptakan lapangan kerja. Desain ke depannya alumni yang sudah bekerja di warung coffee ini mereka diminta untuk mensuply bahan baku, apakah itu coffee nya apakah itu menu pisangnya apakah menu sukun nya sehingga mereka tidak hanya mendapatkan hasil dari bekerja di café tetapi juga mendapatkan nilai tambah dari berbisnis bahan bakunya. [RN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: