Kemendikbud Anggarkan Dana Rp4,47 Triliun untuk BOP PAUD

TrubusNews
Thomas Aquinus
21 Des 2018   13:30 WIB

Komentar
Kemendikbud Anggarkan Dana Rp4,47 Triliun untuk BOP PAUD

Ilustrasi PAUD (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyiapkan anggaran sebesar Rp4,47 triliun untuk bantuan operasional penyelenggaraan pendidikan anak usia dini (BOP PAUD) pada tahun 2019. Menurut  Direktur Jenderal PAUD dan Dikmas Harris Iskandar  di Jakarta, Jumat. (21/12), nilai atau jumlah tersebut naik 10 persen dibanding tahun 2018 yang sebesar Rp4,07 triliun. 

BOP PAUD adalah program pemerintah untuk membantu biaya operasional pendidikan. Sasaran program ini adalah lembaga PAUD yang terdaftar dalam data pokok PAUD dan pendidikan masyarakat (Dapodik). 

Harris mengungkapkan, selain pemerintah piusat program PAUD yang berkualitas juga menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah daerah, swasta, dan unsur masyarakat untuk saling bersinergi aktif.

Baca Lainnya : Pendidikan Gratis Tak Sentuh 5 Distrik di Sorong, Ini Penyebabnya

“Pemerintah telah berkomitmen dalam Sustainable Development Goals 2030 untuk memberikan layanan PAUD berkualitas kepada seluruh anak, baik lelaki maupun perempuan,” kata Harris.

Oleh sebab itu, BOP PAUD hanya diberikan kepada lembaga yang memiliki Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN), mempunyai  peserta didik minimal 12 anak yang terdaftar dalam Dapodik PAUD dan Dikmas, dan memiliki nomor rekening lembaga, serta memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak. 

“Tidak boleh ada korupsi dan penyimpangan dalam penggunaan dana BOP PAUD,” ujarnya.

Baca Lainnya : Patut Ditiru, Aset Pemprov Sulsel yang Nganggur Akan Difungsikan Untuk Pendidikan

Pemberian BOP PAUD diupayakan dapat mendorong lembaga untuk menyelenggarakan PAUD holistik integratif, yakni tidak hanya pemenuhan layanan pendidikan saja, namun juga gizi dan perlindungan anak. 

Penggunaan BOP PAUD sendiri telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 2 tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Dana Alokasi Khusus Nonfisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan PAUD tahun 2018. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Syarat Pengembangan Desa Pesisir Menjadi "Dewi Bahari"

Pendampingan   18 Mei 2020 - 13:21 WIB
Bagikan: