Komunitas Ini Ciptakan Sungai Sebagai Kawasan Lindung Ikan

TrubusPreneur
By Karmin Winarta | Followers 0
01 Des 2018   13:07

Komentar
Komunitas Ini Ciptakan Sungai Sebagai Kawasan Lindung Ikan

Komunitas Pring Wulung (Foto : ANTARA FOTO)

Trubus.id -- Pencemaran lingkungan terus terjadi, terutama di kawasan industri. Salah satu wilayah yang telah mengalami pencemaran lingkungan ini berada di Temanggung, Jawa Tengah.

Merasa prihatin dengan pencemaran lingkungan, khususnya di Sungai Elo, masyarakat Jurangsari, Desa Soropadan, Pringsurat, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah membangun Komunitas Pring Wulung..

Saat ini komunitas ini telah  menjadikan hulu Kali Elo sebagai kawasan lindung ikan.

Ketua Komunitas Pring Wulung Kusnindaryanto di Temanggung mengatakan, mereka telah menentukan satu titik kawasan lindung untuk ikan di hulu Kali Elo ini agar habitat sungai dapat berkembang dengan baik.

Baca Lainnya: Terobosan Baru Inggris Tanggulangi Sampah Plastik

Ia menuturkan kawasan lindung sekitar 200 meter di sepanjang Kali Elo tersebut sudah diberi tanda patok dan siapa pun dilarang melakukan pengambilan ikan di kawasan tersebut, baik dengan pancing maupun cara lainnya.

Selama ini banyak komunitas mancing yang tidak pernah memperdulikan lokasi.  

"Di kawasan lindung ini kita larang, sehingga habitat ikan bisa berkembang biak secara alami dan tidak terganggu aktivitas apa pun," katanya.

Baca Lainnya: Rusak Lingkungan, Pemkot Batam Tolak Impor Plastik Bekas

Kusnindaryanto bersama Komunitas Pring Wulung bertekad menjaga kelestarian hulu Kali Elo agar tetap bersih dan bebas dari pencemaran.

Selama ini pencemaran di Kali Elo berasal dari limbah rumah tangga, terutama plastik.  Dan sejak komunitas ini dibentuk, mereka bertekad untuk memerangi sampah plastik.
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: