Kopi Papua Lesu Tanpa Suntikan Perbankan 

TrubusPreneur
By Binsar Marulitua | Followers 0
29 Nov 2018   19:30

Komentar
Kopi Papua Lesu Tanpa Suntikan Perbankan 

Petani kopi di Papua. (Foto : Simply Amazing)

Trubus.id -- Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Papua mengharapkan perbankan di wilayah ini ikut membantu pengembangan kopi pada sektor hulu, seperti pembukaan lahan baru melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) .

Kepala Dinas Pertanian Jayawijaya, Hendri Tetelepta mengatakan, beberapa bank sudah terlibat pada pengembangan kopi, tetapi lebih pada sektor hilir, misalnya setelah biji kopi dipanen.

Baca Lainnya : Belum Dilirik, Nyatanya Koperasi Bisa Hindarkan Petani Kopi dari Tengkulak

Menurut dia, kendala yang dihadapi pemerintah yang membutuhkan dukungan adalah pada sektor hulu, misalnya pembukaan lahan baru, penanaman bibit kopi, dan perawatan tanaman kopi.

"Harapan kita, teman-teman dari perbankan tidak hanya di hilir, tetapi bagaimana bisa membantu pemerintah di hulu. Jadi kita tinggal pisahkan mana yang ditangani pemerintah dan mana yang perbankan," katanya di Wamena, Kamis (29/11).

Baca Lainnya : Kunci Pengembangan Komoditi Kopi Harus Dilakukan Sejak dari Hulu

Ia mengatakan pengembangan tanaman kopi pada sektor hulu masih didominasi oleh pemerintah. "Kalau di hilir setelah jadi kopi biji, itu banyak yang berminat. Bukan hanya dari perbankan, dari TNI/Polri, LSM juga ada," katanya seperti dikutip Antara.

Belum adanya pihak swata atau BUMN yang berkecimpung pada sektor hulu pengembangan kopi Arabika, karena membutuhkan biaya yang besar. Sebelumnya Bank Papua melalui program sosialnya membantu masyarakat Jayawijaya dengan 20 unit mesin pengolah biji kopi dan rumah pengering untuk menjemur biji kopi. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: