Gestianus Sino: Agar Sukses Bertani, Menanam Harus Sesuai Irama Alam

TrubusPreneur
By Karmin Winarta | Followers 0
17 Nov 2018   09:00

Komentar
Gestianus Sino: Agar Sukses Bertani, Menanam Harus Sesuai Irama Alam

Gestianus Sino (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kupang, Nusa Tenggara Timur dentik dengan cuacanya yang panas. Namun di tempat tersebut, tepatnya di  Jalan Nomelakatosi, Desa Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tengah, Gestianus Sino mampu membudidayakan sayuran. Sampai sekarang ia telah berhasil menanam 18 jenis sayuran di lahan yang luasnya mencapai 1800 meter persegi.

Beberapa sayuran yang berhasil ia budidayakan adalah lobak, tomat, brokoli, pokcoy, caisim, kangkung, bayam, tomat, terong ungu, terong hijau dan sayuran lainnya. Selain membudidayakan beragam sayuran, ia juga mempunyai peternakan ayam dan lele.

Kepada Trubus.id ia mengatakan, ide menjadi petani ini memang sudah lama. Setelah menjadi sarjana pertanian, Gesti langsung mempraktekkan keilmuannya. 

"Pada dasarnya tidak ada manusia di muka bumi ini yang tidak makan. Sebagai sarjana pertanian ingin menunjukkan kepada banyak orang. Dan ketiga tentu untuk pemenuhan ekonomi dan juga kebutuhan konsumsi makanan yang sehat dan segar untuk  keluarga, "katanya.

Baca Lainnya: Nauval, Entrepreneur Muda dari Boyolali yang Berdayakan 250 Petani Susu

Secara bersemangat Gesti memberikan ilustrasi, jika bekerja di tempat lain memang akan mendapatkan penghasilan yang besar. Namun ketika semua bahan makanan harus membeli, tentu penghasilan bersih yang ia terima tinggal sedikit. Sementara dengan bertanam sayuran, berbisnis pertanian, penghasilan yang ia dapatkan bisa lebih besar. Dan yang lebih penting, ia dan keluarga memperoleh bahan makanan yang lebih sehat.

Karena semua sayuran  yang ia tanam secara organik. Menurutnya, pada dasarnya sehat itu tergantung apa yang kita makan. Sehingga ia mengambil keputusan untuk menanam sayur organik.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: