Pasca Bencana, Warga Langaleso Prioritaskan Sisa Dana Desa Untuk Irigasi

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
14 Nov 2018   06:00

Komentar
Pasca Bencana, Warga Langaleso Prioritaskan Sisa Dana Desa Untuk Irigasi

Sekretaris Desa Langaleso, Muhammad Rida (Foto : Trubus.id / Thomas Aquinus Krisnaldi)

Trubus.id -- Pasca bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi di Palu, Sigi dan Donggala, beberapa desa yang mengalami kerusakan infrastruktur mencoba bangkit kembali. Salah satunya adalah Desa Langaleso, Kecamatan Dolo, Sigi, yang terdampak bencana gempa dan likuifaksi diketahui akan memanfaatkan sisa dana desa untuk kebutuhan perbaikan saluran irigasi.

“Sisa dana desa akan digunakan melalui skema program padat karya dengan memanfaatkan tenaga masyarakat untuk pembersihan saluran irigasi,” ujar Sekretaris Desa Muhammad Rida kepada Trubus.id, Selasa (13/11).

Menurutnya, keputusan tersebut muncul berdasarkan dari hasil musyawarah bersama masyarakat yang memprioritaskan saluran irigasi untuk mengantisipasi datangnya musim penghujan. 

“Kita kemarin rapat darurat ada yang dari kementerian desa datang rapat untuk perubahan penggunaan. Perubahan digunakan untuk program padat karya berupa pembersihan saluran air. Masyarakat yang dilibatkan supaya uangnya juga lari ke masyarakat juga,” ujarnya.

Sebelumnya, diterangkan oleh Rida, dana desa di Desa Langaleso sendiri telah digunakan untuk infrastruktur seperti pembedahan rumah, pembuatan pagar, penimbunan jalan, dan beberapa kegiatan lainnnya. Dari beberapa pekerjaan infrastuktur yang sebelumnya telah dianggarkan, dikatakan Rida ada satu program infrastruktur yang belum dikerjakan hingga dialihkan untuk perbaikan irigasi pasca bencana.

“Tidak untuk fisik semua, ada juga untuk pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh PKK. Ada sisa dana sekitar 282 juta dialihkan untuk program padat karya (setelah bencana),” pungkasnya. [NN]
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: