Pasarkan Potensi Daerah, Smesco Madura Festival Akan Digelar Bulan November

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
09 Nov 2018   21:00

Komentar
Pasarkan Potensi Daerah, Smesco Madura Festival Akan Digelar Bulan November

Produk UKM di Smesco (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Smesco Indonesia akan menggelar kegiatan pameran daerah dengan tema “Smesco Madura Festival 2018”  pada bulan November. Kegiatan ini merupakan ajang perkenalan semua potensi daerah Madura meliputi produk unggulan UKM, pariwisata, budaya dan kuliner khas.

Direktur Utama Smesco Indonesia Emilia Suhaimi mengungkapkan, tujuan Smesco Madura Festival adalah guna memberi ruang  bagi daerah dalam menampilkan produk unggulan, citra identitas daerah, local heritage dan produk unik yang menjadi referensi terbaik untuk mendapatkan produk unggulan buatan KUMKM Indonesia.

"Smesco Madura Festival 2018 sekaligus akan memperkuat posisi dan eksistensi UKM sebagai penopang utama perekonomian dan pembangunan di Indonesia khususnya Madura," ujar Emilia, di Jakarta.

Baca Lainnya : Indonesia-Malaysia Tingkatkan Kerja Sama UKM Ukiran Kayu

Beragam produk UKM akan dipamerkan di Smesco Madura Festival 2018. Di antaranya mulai dari produk fesyen, pakaian dan kain batik madura yang terkenal, kerajinan, souvenir Madura, jamu tradisional Madura, furniture ukiran Madura dan lukisan Madura. Sedangkan untuk kuliner disajikan mulai dari soto Madura, sate lalat Madura, campur lorjuk, rujak tajin, rujak Madura, kopi mangrove, serta aneka petis Madura.

Emilia berharap melalui pameran ini membuat produk UKM khususnya dari Madura dapat bersaing di pasar domestik dan global, serta dapat memposisikan diri pada segmen pasarnya masing-masing.

"Orang Madura di Jakarta silahkan datang, bisa kangen-kangenan menikmati kuliner khas madura yang sekarang susah dicari misalnya rujak tajin." ujar Emilia.

Selain itu, Smesco juga akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Jatim Expo 2018. Event ini akan menampilkan ragam kuliner khas Jawa Timur, peragaan busana dan hiburan, termasuk demo membatik, serta demo kerajinan tangan dan daur ulang.

Baca Lainnya : Pojok UKM, Ajang Promosi Produk Pelaku Usaha Daerah di Stasiun KA Garut

Sedangkan untuk produk yang akan dijual mulai dari batik, aksesoris, busana, makanan dan minuman, tas, sepatu kulit dan non kulit, bordir, kerajinan tangan hingga dekorasi rumah.

Banyaknya event pameran tidak lepas dari peran Smesco sebagai miniatur bagi produk-produk unggulan hasil KUKM seluruh Indonesia. Wadah Paviliun Provinsi menjadi tumpuan bagi KUKM seluruh Indonesia dalam mempromosikan dan memasarkan produk unggulannya.

“Peran Smesco sebagai wadah promosi dan pemasaran produk memang sangat dibutuhkan seluruh UKM di Indonesia. Oleh karena itu, terbuka bagi semua pihak untuk bekerjasama dengan kami dalam menggelar pameran-pameran semacam ini,” pungkas Emilia. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

607 Infrastruktur Kaltim Dibangun dari Dana Desa

Binsar Marulitua   Pendampingan
Bagikan:          
Bagikan: