Sipirok Penghasil Kopi Terbaik, Sayang Petaninya Kurang Diedukasi

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
09 Nov 2018   07:00

Komentar
Sipirok Penghasil Kopi Terbaik, Sayang Petaninya Kurang Diedukasi

Ilustrasi petani kopi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Budaya 'ngopi'  saat ini telah menjadi komoditas yang populer di kalangan anak muda dan orang tua. Di Sumatera Utara (Sumut), daerah Sipirok menjadi salah satu daerah penghasil kopi terbaik dan terkenal. Maka tidak heran, banyak masyarakat yang bergantung dari hasil bertani kopi di pusat pemerintahan Kabupaten Tapanuli Selatan itu.

Walaupun dikenal sebagai penghasil kopi terbaik, namun ternyata para petani disana masih banyak yang belum mengetahui soal berbisnis komoditas tersebut. Para petani mengeluh soal kurangnya edukasi yang mengakibatkan produksi mereka tidak mengalami perkembangan.

Dikatakan Calon Anggota DPD RI asal Sumut Dadang Darmawan, keluhan itu datang saat Ia mendengarkan cerita para petani kopi di sela kunjungannya ke daerah Desa Bulu Mario.

Baca Lainnya : Pemerintah Bangun Jaringan Pasarkan Produk Petani Kopi Organik Malang

"Para petani saat ini hanya mampu untuk menjual gabah kering. Sedangkan itu merupakan harga termurah dari penjualan biji kopi," ujar Dadang Darmawan, Kamis (8/11).

Dadang berpendapat, jika keluhan petani kopi tidak ditangani maka identitas kopi Sipirok akan hilang. Bahkan, kerap kali kopi itu diolah lagi ditempat lain dan diklaim sebagai kopi dari asal pengolahnya.

"Hal yang perlu dilakukan saat ini adalah, mempromosikan kopi Sipirok secara masif dan mengedukasi petani kopi agar konsisten dalam pengolahan kopi. Sehingga menghasilkan kualitas kopi yang baik dan membangun mental bangga dengan identitas kopi sipirok," terang  Dadang yang juga merupakan Akademisi dari FISIP USU. [NN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

607 Infrastruktur Kaltim Dibangun dari Dana Desa

Binsar Marulitua   Pendampingan
Bagikan:          
Bagikan: