Pria Ini Sukses Kelola Panti Asuhan dari Budi Daya Tabulampot

TrubusPreneur
By Karmin Winarta | Followers 0
08 Nov 2018   16:00

Komentar
Pria Ini Sukses Kelola Panti Asuhan dari Budi Daya Tabulampot

Aep Saepulloh (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Lahan pertanian yang sempit, memaksa para pehobi bertanam lebih kreatif. Untuk menyiasati kekurangan lahan ini muncul beberapa teknik bertanam yang lebih efisien dengan hasil yang tak kalah maksimal.

Salah satu cara tersebut adalah bertanam dalam pot atau biasa dikenal dengan tabulampot. Beberapa tanaman yang bisa ditanam dengan sistem tabulampot adalah sayuran dan buah-buahan.

Salah seorang yang cukup berhasil melakukan budidaya tabulampot adalah Aep Saepulloh. Laki-laki dari Bandung ini sejak beberapa tahun lalu telah melakukan penanaman sayuran di dalam pot. Di rumahnya di Komplek. Graha Rancamanyar. Jl. Graha Puspa A1,  Rt 01, Rw 18, Desa Rancamanyar, Baleendah Bandung ini ia memanfaatkan lantai dua rumahnya untuk budidaya sayuran dalam pot.

Baca Lainnya: Danny Setyawan , Berdayakan Warga Melalui Rumah Baca Sangkrah

Rumah itu juga dipakai sebagai panti asuhan dengan jumlah anak yang menghuni sebanyak 25 orang.

Di lantai seluas 140 meter persegi ini, ia menanam sayuran seperti sawi, selada, dan lainnya. Menurutnya hanya punya lahan terbatas, bertanam dalam pot sangat praktis untuk pehobi pemula seperti dirinya. Selain itu tanaman bisa dipindah-pindah. 

Saat ini ia sedang bertanam sayuran sebanyak 200 pot. Namun ia juga mencoba bertaman dalam polibek, jumlahnya sekitar 500an buah. Ia menanam sayuran secara organik, bebas dari bahan kimia.  Selama ini hasil dari bertanam sayuran  sangat baik. Sebelumnya hasil panen sayuran hanya untuk konsumsi pribadi yakni untuk memenuhi kebutuhan anak-anak asuhnya.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

607 Infrastruktur Kaltim Dibangun dari Dana Desa

Binsar Marulitua   Pendampingan
Bagikan:          
Bagikan: