Nauval, Entrepreneur Muda dari Boyolali yang Berdayakan 250 Petani Susu

TrubusPreneur
By Karmin Winarta | Followers 0
07 Nov 2018   12:30

Komentar
Nauval, Entrepreneur Muda dari Boyolali yang Berdayakan 250 Petani Susu

Naufal Ahnaf Wicaksono (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Usianya masih sangat muda, 20 tahun. Namun Naufal Ahnaf Wicaksono, laki-laki dari Boyolali ini telah mampu memberdayakan anak-anak muda dan ratusan petani susu di kampungnya. Sejak 2 tahun lalu ia menciptakan bisnis susu segar dengan sistem pasteurisasi. 

Sampai sekarang pelanggannya telah berada di beberapa kota, mulai dari Boyolali, Solo, Klaten, Jogja dan kota lainnya. Omset per bulannya telah mencapai puluhan juta rupiah. 

Ketertarikannya pada dunia bisnis diawali saat dia "mati gaya". Saat itu Noval yang baru lulus SMU mendaftarkan ke sekolah pelayaran. Namun ia tak diterima. Di tengah kondisi yang pasif, tak punya kegiatan, ia pergi ke Malang, Jawa Timur. Di kota apel ini ternyata sedang tren kuliner ketan susu.

Baca Lainnya: Dengan Hidroponik, Sekarang Faris Sukses Jadi Petani Kekinian

Sebagai orang yang tinggal di daerah penghasil susu, ia memutuskan untuk mengembangkan bisnis susu. Apalagi orangtuanya adalah seorang peloper (pengantar) susu segar.. 

"Daripada susu-susu itu dijual ke koperasi, mending langsung saya jual sendiri, "katanya kepada Trubus, Rabu (7/11).

Sejak saat itu ia mulai belajar bagaimana cara mengenali susu, mulai dari kualitas, cara memproduksi sampai memasarkan. Awalnya ia menjual susu segar yang telah dipasteurisasi di sekitar rumah saja. Ternyata sambutan konsumen cukup baik. Tak menunggu lama, bisnis susu segarnya berkembang. 

Selain itu ia juga aktif mengikuti pameran dan berjualan di event-event mulai dari Car free Day dan lainnya. Susu segar yang ia produksi sekarang sudah bisa ditemui di tempat oleh-oleh khas Boyolali.

Dari rumahnya di Dawar RT 06 RW 03 manggis Mojosongo Boyolali Nauval mengendalikan bisnisnya. Agar lebih kekinian, ke depan, Nauval akan mengembangkan bisnisnya dengan membuat food truck dengan varian produk yang lebih menarik. 

Baca Lainnya: Rici Solihin, Muda dan Kaya Sebagai Petani Paprika

Selain itu ia juga melayani pembelian online. Melalui akun Instagramnya, @a.w_milk setiap netizen bisa memesan susu segar produksinya.

Untuk mendapatkan susu segar berkualitas baik, ia bekerja sama dengan 250 petani susu yang ada di sekitarnya. kepada para petani susu tersebut, Nauval membeli susu dengan harga yang lebih baik, ia juga memberikan pinjaman modal sampai jumlah tertentu tanpa bunga.

Dalam memproduksi susu segar, ia mengajak teman-teman di kampungnya agar mereka memperoleh pendapatan. Meski sudah cukup sukses bisnisnya, ia tak melupakan pendidikan. Ia tetap akan melanjutkan kuliah. Inspiratif. 


 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: