Pemberdayaan Solusi Kemandirian Komunitas Adat Terpencil

TrubusPreneur
By Binsar Marulitua | Followers 0
06 Nov 2018   15:00

Komentar
Pemberdayaan Solusi Kemandirian Komunitas Adat Terpencil

Masyarakat adat (Foto : ICCAS)

Trubus.id -- Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, pemerintah ingin memandirikan Komunitas Adat Terpencil (KAT) lewat program-program pemberdayaan.

"Program pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil ini targetnya adalah bisa dikatakan berhasil apabila para Komunitas Adat Terpencil bisa kita entaskan, bisa kita dorong menjadi komunitas yang mandiri. Kalau itu belum dicapai maka program Komunitas Adat Terpencil belum bisa kita katakan berhasil," kata Agus dalam Rapat Forum Pakar dan Pokja Komunitas Adat Terpencil di Kementerian Sosial, Jakarta, Selasa (6/11). 

Agus mengatakan, program pemberdayan KAT tidak melulu dilakukan pada daerah atau komunitas yang sudah tertimpa bencana tapi juga komunitas yang tinggal di daerah yang sulit dijangkau. Program-program tersebut akan didukung dan dilengkapi dengan program pemerintah yang sudah berjalan seperti Program Keluarga Harapan dan Kelompok Usaha Bersama.

Baca Lainnya : Jokowi Ingin Dana Desa juga Dipakai untuk Tingkatkan Pemberdayaan

Ia juga menekankan pentingnya kolaborasi dan koordinasi antarkementerian dan lembaga serta dunia usaha untuk mencapai keberhasilan program pemberdayaan KAT. 

"Sinergitas kementerian dan lembaga di lingkungan pemerintahan jadi sangat penting," katanya dalam pertemuan untuk mengevaluasi program pemberdayaan KAT yang sudah jalan dan merencanakan perbaikannya.

"Keberhasilan program pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil ini memang tidak bisa tercapai hanya dengan kerja Kementerian Sosial, ini perlu ada kerja sama dari berbagai pihak khususnya kementerian-kementerian," demikian Agus Gumiwang Kartasasmita. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

607 Infrastruktur Kaltim Dibangun dari Dana Desa

Binsar Marulitua   Pendampingan
Bagikan:          
Bagikan: