Dana Desa Mengubah Lapangan Pinggir Sawah Menjadi Bertaraf FIFA

TrubusPreneur
By Binsar Marulitua | Followers 0
30 Okt 2018   13:00

Komentar
Dana Desa Mengubah Lapangan Pinggir Sawah Menjadi Bertaraf FIFA

Lapangan Bola Lodaya Sakti standar FIFA (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Gambaran lapangan sepak bola pedesaan, dengan lanskap anak-anak bermain kerbau dan tiang gawang dari batang pohon telah berubah di Desa Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Dana desa yang dikucurkan pemerintah, menyulap lapangan di pinggir sawah tersebut menjadi berstandar Federation of International Football Association (FIFA).

Sarana olahraga rakyat yang diberi nama Lapangan Bola Lodaya Sakti ini terlihat begitu terawat dengan rumput hijaunya yang tumbuh rapi merata. Bahkan, 
Pemerintah Desa Cisayong rupanya menata lapangan seluas 93 x 54 meter tersebut dengan jenis rumput yang sudah memenuhi standar FIFA. 

Rumput lapangan yang digunakan berasal dari Eropa dari jenis Zoysia matrella (ZM). Jenis rumput ini masuk dalam kategori kualitas tinggi dengan kerapatan, elastisitas, kemampuan menahan beban, pemulihan diri, dan perakarannya yang sempurna, sehingga bisa mengurangi risiko cedera bagi para pemain.

Baca Lainnya : Belajar Dana Desa, Indonesia-Malaysia Akan Saling Tukar Kepala Desa

Inisiatif itu dilakukan sebagai salah satu perwujudan program Nawacita, 'Ayo Bangun Desa' melalui sektor olahraga dengan membangun satu lapangan olahraga di tiap desa.

Kepala Desa Cisayong, Yudi Cahyudin menceritakan, pembangunan lapangan sepak bola ini didasarkan pada Permendes Nomor 19 Tahun 2017 tentang Penetapan Prioritas Dana Desa Tahun 2018. Total anggaran yang dihabiskan dalam perbaikan lapangan ini mencapai Rp1,4 miliar. Termasuk pagar dan drainase.

Baca Lainnya : Dana Desa Sukses Entaskan Desa Tertinggal Sebanyak 8.035

Pemerintah desa juga mengalokasikan biaya pemeliharaan Rp5 juta per bulan. Dana itu digunakan untuk bayar listrik, penyiraman, pemotongan, dan pemupukan rumput.

Ada pun untuk biaya perawatan dan dapat memberi pemasukan bagi kas desa, lapangan yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) ini disewakan untuk masyarakat umum dengan biaya sebesar Rp500 ribu per sekali main. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

607 Infrastruktur Kaltim Dibangun dari Dana Desa

Binsar Marulitua   Pendampingan
Bagikan:          
Bagikan: