Bina Swadaya Bagikan Selimut dan Lampu Solar Cell Kepada Korban Gempa Palu

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
11 Okt 2018   06:00

Komentar
Bina Swadaya Bagikan Selimut dan Lampu Solar Cell Kepada Korban Gempa Palu

Tim Emergency Response Bina Swadaya serahkan lampu solar cell kepada korban gempa (Foto : Dok Bina Swadaya)

Trubus.id -- Tim Emergency Response Bina Swadaya menyisir lokasi pengungsi korban gempa Palu di beberapa titik seperti di Desa Loru, Sigi Biromaru, Palu. Tim ER Bina Swadaya mendatangi lokasi tenda-tenda pengungsian untuk membagikan selimut dan lampu solar cell yang dibawa langsung dari Jakarta. “Kami membawa lampu solar cell dan selimut untuk dibagikan kepada korban para pengungsi,” ujar Ketua tim ER Bina Swadaya, Agung Prasetio. 

Keterbatasan penerangan dan perlengkapan tidur para pengungsi korban gempa Palu, mengetuk hati  Bina Swadaya dengan membagikan lampu solar cell dan selimut kepada warga korban gempa yang tinggal di tenda pengungsian. Bantuan dari Bina Swadaya tersebut diberikan langsung oleh Tim Emergency Response Bina Swadaya bersama Direktur Marketing PT. Trubus Swadaya Utama, Rony Palungkun.

Berlokasi di Desa Loru yang merupakan titik para pengungsi dari wilayah Petobo, bantuan diberikan satu persatu di tenda-tenda yang belum memiliki penerangan. Salah satu pengungsi yang ditemui mengucapkan terimakasih dan bersyukur karena tenda mereka mendapat penerangan saat malam hari.

Baca Lainnya : Bina Swadaya Berikan Solusi Konsumsi Air Bersih Kepada Korban Gempa Lombok

“Tiap malam kami tidak ada lampu, listrik masih mati, terimakasih akhirnya ada lampu” ujar salah satu pengungsi.

Sebelumnya, keberangkatan Bina Swadaya ke Palu juga membawa 100 selimut dan 60 lampu solar cell untuk kebutuhan pengungsi. Bantuan yang dibawa Tim ER Bina Swadaya dinilai tepat karena di beberapa titik seperti di luar kota Palu terutama yang tinggal di tenda darurat masih belum terjamah listrik. 

“Kami membawa lampu dan selimut sesuai dengan kebutuhan mendesak warga yang mengungsi di tenda-tenda darurat,” kata Agung Prasetio.

Baca Lainnya : Hasil Kajian di 40 Desa, Inilah Bantuan yang Dibutuhkan Korban Bencana Pascagempa Palu

Lampu solar cell sendiri memiliki keunggulan dengan memanfaatkan sinar matahari sebagai baterai untuk nyala lampu. Pemanfaatan teknologi panel surya atau ramah lingkungan menjadi jalan keluar menjawab kebutuhan pengungsi di tenda darurat. 

Agung menjelaskan, bantuan yang diberikan Bina Swadaya saat ini merupakan tahap awal dari program bantuan selanjutnya. Selain itu, Bina Swadaya juga berkolaborasi dengan jaringan beberapa lembaga yang tergabung dalam Emergency Response Capacity Buliding (ERCB) untuk memberikan bantuan dan pendampingan di titik-titik lokasi pengungsian yang belum terjamah. [NN/SN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: