Pertumbuhan UKM Surabaya Terus Meningkat

TrubusNews
Thomas Aquinus
02 Okt 2018   08:00 WIB

Komentar
Pertumbuhan UKM Surabaya Terus Meningkat

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Chairman Makerfest 2018 William Tanuwijaya mengungkapkan, dikatakan saat ini mayoritas para pelaku startup hanya mentok di level usaha kecil dan menengah (UKM) akibat keterbatasan modal dan marketing.

Hal tersebut sagat disayangkan karena potensi untuk makin berkembang menjadi industri atau brand-brand nasional yang mendunia sangatlah besar. PR Committee Makerfest Siti Fauziah mengemukakan, UKM memiliki peranan strategis sebagai penggerak perekonomian Indonesia.

Baca Lainnya : Pojok UKM, Ajang Promosi Produk Pelaku Usaha Daerah di Stasiun KA Garut

Dikatakannya, Surabaya menjadi salah satu kota dengan pertumbuhan UKM yang baik. Merujuk hasil survei ekonomi sosial nasional (susenas), pada 2008 UKM di Surabaya berjumlah 4,2 juta.

Jumlah itu terus dibicarakan meningkat menjadi 6,8 juta pada 2012 dan naik lagi menjadi 9,59 juta pada 2016.

Baca Lainnya : Pelaku UMKM Kulon Progo DIY Masih Butuh Pendampingan Diskop UKM Untuk Pasarkan Produk

”Pertumbuhan UKM tersebut diikuti kesadaran kreator lokal untuk memanfaatkan platform online sebagai sarana pengembangan bisnisnya. Contohnya, sejak 2017–2018, Tokopedia mengalami peningkatan jumlah merchant dari Surabaya lebih dari 100 persen,” kata Siti.

Menyadari besarnya peluang UKM, untuk itu Makerfest berkomitmen menjadi wadah bagi para UKM untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Syarat Pengembangan Desa Pesisir Menjadi "Dewi Bahari"

Pendampingan   18 Mei 2020 - 13:21 WIB
Bagikan: