Pojok UKM, Ajang Promosi Produk Pelaku Usaha Daerah di Stasiun KA Garut

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
27 Sep 2018   12:00

Komentar
Pojok UKM, Ajang Promosi Produk Pelaku Usaha Daerah di Stasiun KA Garut

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) berperan serta memajukan produk UKM dengan menyediakan Pojok UMKM atau tempat usaha bagi para pelaku Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) di Stasiun Garut. Hadirnya Pojok UKM di stasiun Garut bermaksud untuk mendorong perekonomian masyarakat ketika diaktifkannya kembali jalur komersial kereta api Stasiun Cibatu-Garut di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Hal tersebut dikemukakan langsung oleh Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro yang sempat meninjau Stasiun Garut dalam rangka persiapan pengaktifan kembali kereta api komersial di Garut, Rabu (26/9). "Memang nanti didesain ulang saja, kalau bisa saya koordinasikan dengan Gubernur Jawa Barat agar kita kasih fasilitas saudara-saudara kita, kita kasih Pojok UMKM," ujar Edi.

Baca Lainnya : Pelaku UMKM Kulon Progo DIY Masih Butuh Pendampingan Diskop UKM Untuk Pasarkan Produk

Menurutnya, di stasiun kereta besar harus tersedia ruang atau pojok untuk pelaku UMKM setempat. Dikatakannya, Pojok UMKM yang disiapkan PT KAI tersebut dapat menyediakan berbagai produk khas kuliner maupun kerajinan lainnya yang memiliki nilai jual dan menguntungkan.

"Menyiapkan Pojok UMKM ini maksudnya untuk membantu masyarakat yang butuh promosi," ujarnya. Produk UKM Kabupaten Garut sendiri memiliki beragam hasil bumi, kuliner makanan, termasuk kerajinannya yang terkenal yakni kerajinan kulit.

Baca Lainnya : Bebas Pajak, Dinkop UKM DIY Dorong Pelaku Usaha Daftar IUMK

Edi menilai, keberadaan kereta api tidak hanya memudahkan transportasi masyarakat, namun juga dapat membangkitkan ekonomi daerah. Sebab, dengan adanya kereta api di Garut tidak hanya sebagai angkutan orang, tetapi dapat digunakan sebagai angkutan barang untuk membawa produk Garut dijual ke kota besar.

"Karena Garut ini memiliki kerajinan luar biasa, hasil bumi juga, sayuran, armada kita siap," ujarnya. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: