Peran Koperasi Dinilai Menkop UKM Mampu Cegah TKI Ilegal ke Luar Negeri

TrubusPreneur
By Ihsan Maulana | Followers 0
24 Sep 2018   10:00

Komentar
Peran Koperasi Dinilai Menkop UKM Mampu Cegah TKI Ilegal ke Luar Negeri

Ilustrasi (Foto : Pixabay)

Trubus.id -- Maraknya kasus pengirimanTenaga Kerja Indonesia (TKI), hingga Tenaga Kerja Wanita (TKW) secara ilegal ke luar negeri sampai saat ini masih terus terjadi. Menteri Koperasi dan UKM, Puspayoga meyakini, peran koperasi mampu mengurangi angka pengiriman TKI dan TKW ilegal tersebut ke luar negeri.

"Jadi, dengan lapangan kerja yang meningkat, maka pertumbuhan ekonomi kita juga meningkat. Masalah TKI atau TKW tidak perlu lagi kerja keras ke luar negeri karena lapangan kerja sudah tersedia," ungkap Puspayoga dalam keterangan tertulisnya, baru-baru ini.

Ia mencontohkan, Kabupaten Tulungagung Jawa Tengah yang mencatat sumbangan devisa tertinggi dari pengiriman jasa tenaga kerja ke luar negeri, sebesar Rp13 triliun per tahun.

Baca Lainnya : Warga Semen Gresik Kembangkan Koperasi Kekinian

Meski begitu, angka perceraian di daerah ini juga jadi yang tertinggi di Indonesia. Hal ini dikarenakan keinginan warga untuk mencari pekerjaan ke luar negeri.

"Percuma kita bilang jangan ke luar negeri tapi kalau lapangan kerja tidak ada bagaimana? Makanya kita harus kejar pertumbuhan ekonomi itu supaya lapangan kerja meningkat untuk menurunkan pengangguran, untuk menurunkan angka TKI/TKW tadi. Salah satunya solusinya koperasi," paparnya. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: