Upaya Kemkominfo Dukung UMKM Go Online

TrubusPreneur
By Ihsan Maulana | Followers 0
22 Sep 2018   13:00

Komentar
Upaya Kemkominfo Dukung UMKM <i>Go Online</i>

Ilustrasi. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Pemerintah menargetkan delapan juta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bisa melakukan perdagangan online pada tahun 2019. Oleh karena itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) terus melakukan sosialisasi agar semua UMKM bisa memanfaatkan teknologi untuk transaksi online.

"Pemanfaatan teknologi bisa membantu meningkatkan akses pasar, menambah pendapatan dan ekspansi karena bisa melakukan penjualan hingga ke luar negeri," kata Slamet Santoso, Plt Direktur Pemberdayaan Informatika Kemkominfo di Bandung.

Baca Lainnya : BI Gandeng OJK Dorong Permodalan Digital UMKM

Nantinya, UMKM akan menjadi andalan ekonomi nasional. Sesuai dengan roadmap pemerintah yang memprediksi jika transaksi e-commerce pada tahun 2020 bisa mencapai Rp1.300 triliun.

Badan Pusat Statistik mengungkapkan data bahwa kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia mencapai 61,41 persen dari 60 juta unit UMKM. Namun, baru 8 persen atau 3,79 UMKM yang telah memanfaatkan teknologi untuk menjual produknya secara online.

Baca Lainnya : Jokowi Beberkan Capaian Kerja Untuk Sektor UMKM dan Warga Miskin

"Mayoritas UMKM yang menjalankan bisnis digital ada di Pulau Jawa karena infrastruktur bagus. Melalui Palapa Ring, pemerintah mendukung semua UMKM di seluruh Indonesia untuk melakukan transaksi online. Targetnya, Palapa Ring di Indonesia bagian tengah akan selesai pada akhir 2018. Di Indonesia timur akan selesai pada 2019. Setelah itu, semua serat optik di setiap kabupaten akan terhubung," harapnya.

Ia melanjutkan, "Saya optimis jika target 8 juta UMKM Go Online akan tercapai." [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: