Pelaku UMKM Kulon Progo DIY Masih Butuh Pendampingan Diskop UKM Untuk Pasarkan Produk

TrubusPreneur
By Ihsan Maulana | Followers 0
18 Sep 2018   12:00

Komentar
Pelaku UMKM Kulon Progo DIY Masih Butuh Pendampingan Diskop UKM Untuk Pasarkan Produk

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

 

Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kulon Progo DIY, terus mendampingi pelaku usaha UMKM di wilayahnya untuk memasarkan produk unggulannya di pasaran.

Kasi Pengembangan dan Permodalan Diskop UKM Kulon Progo, Hasnanto mengungkapkan, salah satu masalah yang dihadapi UMKM di daerah tersebut adalah pangsa pasar, baik dari online maupun secara tradisional pada umumnya. Melihat kondisi tersebut, Diskop UKM setempat membantu menjual produk ke Toko Milik Rakyat (Tomira), melalui koperasi yang telah ditunjuk sebelumnya.

"Jadi kami terus membantu dan mendampingi pelaku UMKM memasarkan produknya melalui Tomira dan pasar online," ujarnya, Selasa (18/9).

Baca Lainnya : Bebas Pajak, Dinkop UKM DIY Dorong Pelaku Usaha Daftar IUMK

Ia menambahkan, pihaknya tetap melakukan pendampingan bimbingan teknis penggunaan medsos ke beberapa pelaku UMKM yang berusia diatas 50 tahun agar lebih mengerti skema penjualan online.

"Kalau dari Pemkab Kulon Progo sendiri sudah buat halaman online untuk memasarkan produknya, lewat situs market place sampai saat ini sudah ada 15 UMKM yang memasarkan produknya di situs ini," sambungnya.

Baca Lainnya : Tim APPSI Datangi Sumut, Pemprov Harap Bisa Sekaligus Promosikan UKM

Terkait dengan itu, Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo menjelaskan, saat ini tantangan yang dihadapi pihaknya adalah mengubah mindset pelaku UMKM dari yang biasa berjualan tradisional menjadi online.

"Tentu ini jadi tantangannya. Lewat website tersebut mereka diajak move on dan mengharuskan pelaku UMKM mengubah mindsetnya untuk jualan online. Saya kasih target minimal ada 100 UMKM yang bisa masuk di situs itu," paparnya. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: