Fasilitas Asian Para Games Bagi Penyandang Disabilitas Kurang Memadai

TrubusNews
Ihsan Maulana
17 Sep 2018   10:15 WIB

Komentar
Fasilitas Asian Para Games Bagi Penyandang Disabilitas Kurang Memadai

Ilustrasi (Foto : Pixabay)

Trubus.id -- Menteri Sosial Agus Gumiwang  menyebutkan, Tim Kementerian Sosial yang bekerjasama dengan Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia, baru-baru ini masih menemukan adanya fasilitas terkait penyelenggaraan Asian Para Games 2018 yang kurang memadai.

"Jadi ada beberapa catatan dari kami, di antaranya terkait pelayanan di bandara termasuk petugas 'groundhandling' harus dipastikan mereka memahami kebutuhan penyandang disabilitas khususnya yang menggunakan kursi roda," ujar Agus dalam keterangan tertulisnya,  baru-baru ini.

Kemudian, pada toilet aksesibel ia menyebut masih ada beberapa catatan yang harus segera dibenahi, seperti kelengkapan handrail, handle pintu, sanitasi hingga tombol darurat.

Baca Lainnya : Penyandang Disabilitas Dilibatkan Jadi Pengemudi Ojek Asian Para Games

Agus juga berpesan, setiap venue pertandingan harus dilengkapi dengan pusat informasi, yang letaknya berada dekat pintu masuk. Informasi yang hendak disampaikan sebaiknya dilengkapi dengan berbagai metode sederhana, dan mudah dipahami bagi penyandang disabilitas.

"Untuk hal ini, kami terus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait, sebab kenyamanan para atlet dan penonton penyandang disabilitas adalah prioritas utama," lanjutnya. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Menkop dan UKM Terbuka untuk Kolaborasi Demi UMKM Naik Kelas

Pendampingan   24 Jan 2020 - 07:49 WIB
Bagikan: