Kementan Siap Hadirkan Wirausahawan Pertanian dengan Politeknik Khusus

TrubusNews
Ihsan Maulana
10 Sep 2018   16:15 WIB

Komentar
Kementan Siap Hadirkan Wirausahawan Pertanian dengan Politeknik Khusus

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPP-SDMP), menyatakan sudah siap dalam menyiapkan lulusan wirausahawan bidang pertanian, dengan Politeknik Pembangunan Pertanian.

Kepala Badan SDM Pertanian Kementan, Momon Rusmono mengatakan, saat ini pihaknya telah  mengubah pendidikan vokasi pertanian, dari sebelumnya Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP), kini menjadi Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan).

Baca Lainnya : Mentan Tak Ingin, Sarjana Pertanian Malah Gengsi Turun ke Sawah

"Jadi, dampak dari transformasi ini yang semula STPP hanya berorientasi menghasilkan penyuluh pertanian, kini setelah jadi Polbangtan diarahkan menghasilkan job creator berjiwa wirausaha, dengan keahlian bidang pertanian, peternakan, dan perkebunan," ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (10/9).

Sementara itu, Kementan juga akan meluncurkan Polbangtan pada 18 September 2018, di Polbangtan Bogor yang diresmikan oleh Menteri Pertanian, Amran Sulaiman. Ia merinci, ketiga belas program studi yang ada di Polbangtan yakni penyuluhan pertanian berkelanjutan, penyuluhan perkebunan presisi, teknologi produksi tanaman perkebunan, penyuluhan peternakan dan kesejahteraan hewan.

Baca Lainnya : Jelang Hari Pangan Nasional, Kementan Tingkatkan Pemanfaatan Lahan Rawa

Kemudian, agribisnis hortikultura, kesehatan hewan, mekanisasi pertanian, teknologi benih, teknologi pakan ternak, produksi ternak, agribisnis peternakan, budidaya hortikultura, serta budidaya ternak.

Ketiga belas program studi ini juga sudah menerima mahasiswa baru sebanyak 1.300 orang, dari 12.000 peserta yang mengikuti tes tertulis. Untuk metode pembelajaran Polbangtan, akan menggunakan penerapan teaching factory, atau 30 persen teori dan 70 persen praktek lapangan. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Trubus Dorong Kemandirian Pangan Keluarga dengan Tabulampot

Pendampingan   08 Agu 2020 - 16:11 WIB
Bagikan:          

Babad Bina Swadaya, Awal Mula Berdirinya Bina Swadaya

Pendampingan   04 Agu 2020 - 15:15 WIB
Bagikan: