Bedah Kemiskinan Rakyat Bekerja, Bantuan Kementan untuk Orang Miskin di Tasikmalaya

TrubusNews
Ihsan Maulana
09 Sep 2018   16:00 WIB

Komentar
Bedah Kemiskinan Rakyat Bekerja, Bantuan Kementan untuk Orang Miskin di Tasikmalaya

Ilustrasi (Foto : Trubus.id / Ihsan Maulana)

Trubus.id -- Untuk membantu warga kurang mampu, Kementerian Pertanian (Kementan) membagikan bantuan kepada setiap rumah tangga miskin (RTM) berupa 50 ekor ayam bibit unggul, pakan 400 kilogram, vaksin, dan sebuah kandang. Bantuan tersebut diberikan melalui program Bedah Kemiskinan Rakyat Bekerja atau Bekerja.

Program ini akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2018 untuk 11.852 RTM di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

"Program ini kami sebut Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera atau Bekerja. Basisnya pertanian," kata Dedi Nursyamsi, Kepala Balai Besar Litbang Sumber Daya Lahan, Minggu (9/9).

Baca Lainnya : 5 Kendala Sektor Pertanian dalam Lima Tahun ke Depan

Menurut Dedi, Bekerja menjadi salah satu program strategis Kementan untuk menurunkan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat dari kalangan kurang mampu.

Program ini disambut baik Uu Ruzhanul Ulum, Wakil Gubernur Jawa Barat. Ia mendukung program tersebut untuk masyarakat miskin, terutama di Tasikmalaya.

"Saya telah perintahkan aparat di Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan dan Dinas Pertanian untuk bersama dengan Kementan, segera mengimplementasikan program ini," jelas Uu.

Baca Lainnya : Menteri Desa: Dalam Waktu 7 Tahun Warga Miskin di Desa Lebih Sedikit Dibandingkan di Kota

Di Kabupaten Tasikmalaya, program ini akan dijalankan di lima kecamatan yakni Sukahening, Jatiwaras, Salopa, Cikatomas, dan Sodonghilir. Bekerja terdiri dri tiga tahapan. Jangka pendek, menengah, dan panjang. Jangka pendek meliputi budidaya sayuran dan buah-buahan di pekarangan atau pengembangan kawasan rumah pangan lestari (KRPL).

Program jangka panjang menengah berupa pemeliharaan ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB). Sementara itu, jangka panjang meliputi budidaya tanaman tahunan yakni kelapa, kakau, pala, lada, mangga dan manggis.

Hingga awal September 2018, sudah dibagikan 90.000 ekor bibit ayam KUB untuk 1.800 RTM di Salopa, Jatiwaras, dan Sukahening. Sebanyak 11.000 ekor ayam KUB juga telah didistribusikan di Sodonghilir. [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Trubus Dorong Kemandirian Pangan Keluarga dengan Tabulampot

Pendampingan   08 Agu 2020 - 16:11 WIB
Bagikan:          

Babad Bina Swadaya, Awal Mula Berdirinya Bina Swadaya

Pendampingan   04 Agu 2020 - 15:15 WIB
Bagikan:          
Bagikan: