Kemendes PDTT Akan Bantu Pasarkan, Sayuran Hidroponik Kaum Difabel Sleman

TrubusPreneur
By Syahroni | Followers 2
01 Sep 2018   22:31

Komentar
Kemendes PDTT Akan Bantu Pasarkan, Sayuran Hidroponik Kaum Difabel Sleman

Mendes PDTT, Eko Putro Sandjojo meninjau pelatihan hidroponik kaum difabel Sleman. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Pemerintah terus berupaya untuk memberdayakan dan memberi sokongan bagi para penyandang disabilitas atau kaum difabel. Sebagai contoh, belum lama ini pemerintah melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menggelar pelatihan budidaya sayuran hidroponik bagi mereka. 

Tak hanya memberikan pelatihan budidaya, Kemendes PDTT juga akan membantu memasarkan hasil panen sayuran hidroponik tersebut bersama dengan Pemda Sleman. Hal itu disampaikan Sekjen Kemendes PDTT, Anwar Sanusi saat menutup program pelatihan sekaligus melaunching BNI Smart Office di BBLM Yogyakarta Kemendes PDTT, Jumat (30/8). 

"Mungkin nanti, kita juga akan membantu mengkomunikasikan dengan dunia swasta. Kalau produksinya cukup banyak mungkin bisa terserap. Cuma kadangkala dunia swasta itu kan membutuhkan produksi yang relatif cukup besar. Oleh karena itu, sementara ini kita akan memanfaatkan jaringan-jaringan pasar yang ada di Sleman terlebih dahulu," kata Anwar melalui keterangan tertulis, Sabtu (1/9).

Tak hanya memberi pelatihan dan membantu memasarkan, ke depannya Kemendes PDTT kemungkinan bisa mengembangkan program unggulan kawasan pedesaan (Prukades) satu model dengan menempatkan difabel sebagai kelompok masyarakat yang memiliki kreativitas tinggi dan menghasilkan nilai ekonomi tinggi dalam satu kawasan di Kabupaten Sleman. 

"Jadi ada semacam kampung-kampung yang dikhususkan untuk kaum difabel yang memang di situ mereka bisa memberdayakan masyarakatnya dengan baik dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi bagi kampungnya," ujar Anwar. [RN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: