Waspada, Koperasi Simpan Pinjam Ilegal Bebas Beroperasi di Aceh 

TrubusNews
Ihsan Maulana
31 Agu 2018   09:40 WIB

Komentar
Waspada, Koperasi Simpan Pinjam Ilegal Bebas Beroperasi di Aceh 

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Aceh Barat Daya, akan segera melakukan penertiban sejumlah koperasi simpan pinjam yang diduga ilegal.

"Penertiban ini akan kita lakukan terkait adanya informasi koperasi simpan pinjam ilegal yang selama ini beroperasi di Kabupaten Aceh Barat Daya. Keberadaan mereka bisa merugikan masyarakat," imbuh Kadis Disperindagkop Aceh Barat Daya, Jamaluddin, Jumat (31/8).

Ia merinci, koperasi simpan pinjam yang akan ditertibkan yakni koperasi milik luar daerah, yang beroperasi di daerah tersebut tanpa memiliki rekomendasi izin dari pemerintah daerah setempat.

Baca Lainnya: Koperasi dan Pelaku UMKM di Indonesia Dinilai Kurang Insentif

Ia mengakui, pihaknya selama ini tidak mengetahui siapa pimpinan koperasi simpan pinjam yang diduga ilegal. Alamat kantornya pun tidak diketahui, karena keberadaannya tidak pernah dilaporkan ke Disperindagkop setempat.

"Jadi dari informasi yang berkembang di warga, ada petugas koperasi simpan pinjam tiap hari yang masuk ke desa-desa untuk menawarkan modal usaha kepada warga," sambungnya.

Baca Lainnya: Kurang SDM dan Pengelolaan Buruk, Ratusan Koperasi di Ambon Tumbang

Modal usaha yang ditawarkan oknum tersebut menyasar ibu rumah tangga, dengan sistem pembayaran cicilan harian hingga cicilan mingguan dengan suku bunga yang sangat besar.

"Untuk menghindari kerugian warga, dalam waktu dekat ini kami akan turun lapangan untuk menyelidiki keberadaan koperasi-koperasi itu. Bila ditemukan, kita tegur mereka. Jika tidak diindahkan kita laporkan kepihak berwenang," paparnya.

"Bisa jadi mereka itu bukan koperasi murni, tapi semacam rentenir yang mencari nasabah sendiri," tutupnya.

Foto: Pixabay

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Menkop UKM Ungkap 5 Masalah Utama yang Hambat Perkembangan UMKM

Keuangan Mikro   15 Nov 2019 - 08:08 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          

Sistem IDM Dapat Membantu Pembangunan Desa Mandiri

Pendampingan   15 Nov 2019 - 06:52 WIB
Bagikan: