Tinjau Penggunaan Dana Desa, Presiden Jokowi Blusukan ke Sleman

TrubusNews
Diah Fauziah
29 Agu 2018   19:00 WIB

Komentar
Tinjau Penggunaan Dana Desa, Presiden Jokowi Blusukan ke Sleman

Presiden Joko Widodo saat meninjau pembangunan saluran irigasi di Dusun Tampugan, Sleman, Rabu (29/8). (Foto : BPMI Setpres)

Trubus.id -- Rabu (29/8), Presiden Joko Widodo meninjau langsung pembangunan saluran irigasi sepanjang 350 meter yang dikerjakan secara gotong royong di Dusun Tampugan di Desa Sendangtirto, Berbah, Sleman. Pembangunan irigasi ini memanfaatkan dana desa tahun anggaran 2018 sebesar Rp192.414.000.

Saat blusukan kali ini, Presiden Jokowi didampingi Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal, Eko Putro Sandjoyo; Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Bupati Sleman, Sri Purnomo. Sambil menyusuri saluran irigasi, presiden menyempatkan diri berdialog dengan warga yang sedang goyong royong membuat saluran irigasi.

"Ini hanya mampir saja, meninjau kegiatan yang berhubungan dengan pemanfaatan dana desa," kata Jokowi.

Baca Lainnya : Mendes PDTT: Dana Desa Efektif Menurunkan Angka Kemiskinan

Dengan anggaran dana desa dari pemerintah, presiden mengatakan jika pembangunan sarana irigasi di Dusun Tampungan berjalan sangat baik lantaran dikerjakan gotong royong oleh warga.

"Saya sudah cek dan tanyakan ini ke lurah, bupati dan gubernur, apakah dana desa sudah cair? Ternyata, sudah cair tiga kali," ujarnya.

Di kesempatan kali itu, presiden juga bertanya tentang penggunaan, pemanfaatan, dan pertanggungjawaban dana desa, apakah dipersulit atau tidak.

"Semua harus dikontrol. Pemanfaatannya untuk infrastruktur, jalan, irigasi, bendungan, dan yang lain. Begitu juga dengan pertanggungjawabannya, jangan dipersulit," ungkapnya.

Baca Lainnya : Hingga 2018, Dana Desa Tersalurkan Rp187,65 Triliun

Dikatakan Jokowi, stimulus dana desa akan terus dilanjutkan pada tahun depan, di mana nilainya akan ditambah karena memang, pembangunan infrastruktur seperti jalan dan irigasi masih diperlukan.

"Pengembangan ekonomi di desa lebih dibesarkan kalau nanti infrastruktur berupa jalan, irigasi, embung, dan yang lainnya selesai. Sebetulnya, banyak sekali yang sudah berpuluh tahun tidak pernah diselesaikan. Persoalan kecil tapi sangat fundamental di sebuah desa, penting untuk menaikkan produktivitas yang ada di desa," ucap Presiden Jokowi.

Selain saluran irigasi, beberapa program pembangunan di Desa Sendangtirto yang pengerjaannya telah selesai dengan dana desa ialah penngerjaan jalan di Dusun Jetak sepanjang 126 meter, Dusun Gandu 180 meter, Dusun Kadipolo 112 meter, Dusun Tampungan-Gamelan 185 meter, dan pembangunan talud irigasi Sembung-Minggiran sepanjang 270 meter. [DF]

 

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Berdayakan Ekonomi Warga Melalui Bank Sampah

Pendampingan   11 Sep 2020 - 14:09 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: