Meraup Pundi Dari Inovasi Kader Bank Sampah

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
28 Agu 2018   06:00

Komentar
Meraup Pundi Dari Inovasi Kader Bank Sampah

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Bagi kader bank sampah di kampung Jojoran Baru III, RT 6 RW 12 Kelurahan Mojo, Kecamatan Gubeng bukan sekedar mengumpulkan uang. Mereka juga membuat beragam produk daur ulang dengan desain khas dibandingkan wilayah lain.

Hal tersebut dijelaskan oleh Ketua Kader Lingkungan, Asri Hardini yang mengungkapkan meskipun kesulitan memulai pemilahan sampah, kini warga bisa merasakan hasil dari bank sampah yang digunakan untuk mengelola penghijauan kampung.

Salah satu cara  menghasilkan pundi uang ini adalah dengan membuat baju daur ulang yang tak hanya digunakan untuk mengikuti lomba. Astri mengatakan, desain yang unik dari botol plastik kerap membuat baju desain kampungnya memenangkan lomba.

Baca Lainnya : Menteri Desa PDTT Inginkan Dana Desa di Gianyar Fokus Bangun Bank Sampah

“Dari mulut ke mulut akhirnya ada yang nawar sewa bahkan pesan untuk dibeli,” katanya.

Dengan bantuan dari pemuda karang taruna dan juga kader lingkungan lainnya, Asri mulai membuat pola dekorasi dari baju daur ulang dengan mengecat botol bekas tersebut.

“Kami potong sendiri kemudian di rangkai bentuk daun dan bunga, baru dijahit,” terangnya.

Baca Lainnya : Ayo, Mulai Coba Bisnis Daur Ulang Lewat Bank Sampah

Dalam proses produksinya, Asri memanfaatkan lantai dua rumahnya yang tidak digunakan untuk menjahit dan menyimpan koleksi baju daur ulang warga hingga saat ini terkumpul sampai 50 set baju daur ulang. Terdiri dari rok, atasan dan juga hiasan kepala.

Asri mengatakan, mulai dari tetangga kampung hingga anak sekolah sudah menyewa baju bekasnya seharga Rp 75ribu hingga Rp 100 ribu. Untuk baju yang lama juga dilelang sehingga bisa menambah koleksi desain terbaru. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

607 Infrastruktur Kaltim Dibangun dari Dana Desa

Binsar Marulitua   Pendampingan
Bagikan:          
Bagikan: