Mendes PDTT: Dana Desa Efektif Menurunkan Angka Kemiskinan

TrubusPreneur
By Ihsan Maulana | Followers 0
25 Agu 2018   15:00

Komentar
Mendes PDTT: Dana Desa Efektif Menurunkan Angka Kemiskinan

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo (Foto : Trubus.id / Ihsan Maulana)

Trubus.id -- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo mengatakan bahwa, program dana desa menjadi salah satu faktor yang berperan efektif dalam penurunan angka kemiskinan.

Pada Maret 2017 hingga Maret 2018, angka kemiskinan turun hingga 1,82 juta orang, dengan 1,2 juta orang miskin di desa dan 520 hingga 580 orang miskin di perkotaan.

Baca Lainnya : Hingga 2018, Dana Desa Tersalurkan Rp187,65 Triliun

"Kalau akselerasi penurunan kemiskinan di desa dipertahankan, secara matematik dalam tujuh tahun ke depan, jumlah orang miskin di desa akan lebih kecil dari jumlah orang miskin di kota," ujar Eko seusai rapat kerja di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, baru-baru ini.

Apalagi, pemerintah akan menaikkan alokasi anggaran dana desa pada tahun 2019 sebesar Rp73 triliun, dari sebelumnya Rp60 triliun.

Baca Lainnya : Salut, di Wilayah Ini Sebagian Dana Desa Dipakai untuk Berdayakan Kaum Difabel

"Ini dilakukan karena ada sejumlah desa yang masih bangun infrastruktur. Tapi, sekarang, desa sudah mulai membangun pemberdayaan ekonomi misalnya membuat desa wisata, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), atau mengelola bank sampah. Diharapkan, akselerasi pertumbuhan ekonomi di desa bertambah setelah pembangunan infrastruktur," sambungnya.

Sementara itu, naiknya anggaran dana desa juga digunakan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat desa dan kualitas hidup masyarakat desa. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: