Mendes PDTT: Selama 3,5 Tahun 8.035 Desa Tertinggal Telah Terentaskan

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
18 Agu 2018   11:00

Komentar
Mendes PDTT: Selama 3,5 Tahun  8.035 Desa Tertinggal Telah Terentaskan

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo (Foto : Dok Kemendes PDTT)

Trubus.id -- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo, menyatakan pelaksanaan dana desa dan program pembangunan desa lainnya selama pemerintahan Presiden RI Joko Widodo telah berhasil menurunkan jumlah desa tertinggal menjadi 8.035.

"Selama 3,5 tahun jumlah desa tertinggal menurun. Sebanyak 8.035 desa tertinggal telah terentaskan. Itu artinya, target pemerintah dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2015-2019 untuk mengurangi 5.000 desa tertinggal telah terpenuhi," ujar Menteri Eko saat merayakan HUT Kemerdekaan ke-73 RI di Kabupaten Seluma, Bengkulu.

Selain mengentaskan desa tertinggal, dana desa juga memberikan dampak pergeseran peningkatan status dari desa berkembang menjadi desa mandiri.

Baca Lainnya : Hingga 2018, Dana Desa Tersalurkan Rp187,65 Triliun

"Sebanyak 2.318 desa statusnya telah menjadi desa mandiri. Capaian ini juga sudah memenuhi target di dalam RPJMN yaitu meningkatkan 2.000 desa mandiri," ujarnya.

Terkait dengan pembangunan daerah tertinggal, Menteri Eko mengatakan, sampai akhir Tahun 2017, dari total 122 daerah tertinggal sebanyak 59 daerah berpotensi terentaskan.

"Kami optimistis akan terentaskan pada akhir 2019. Karena kami telah memberikan perhatian khusus untuk mengentaskan ke 59 daerah tertinggal tersebut," ujarnya 

Asian Games

Pada kesempatan yang sama, Menteri Eko juga menghimbau kepada seluruh masyarakat desa untuk turut mensukseskan penyelenggaraan Asian Games 2018. Menurutnya Asian Games merupakan kesempatan baik untuk memperkenalkan desa-desa wisata yang ada di Indonesia.

"Indonesia akan mendapat kesempatan emas untuk kembali memukau dunia dengan keunggulan dan prestasi melalui Asian Games 2018 yang menjadi ajang olahraga terbesar di Asia. Akan banyak tamu dari negara luar yang kemungkinan juga akan berkunjung ke desa-desa atau tempat wisata yang ada di Indonesia," ujarnya.

Baca Lainnya : Revitalisasi Desa Bina Swadaya Mempengaruhi Pencapaian SDGs di Indonesia

Mendes PDTT Eko mengungkapkan, lebih dari 11.000 atlet dan 5.500 official dari 45 negara akan hadir ke Indonesia. Jumlah tersebut belum termasuk para penonton atau pendukung dari masing-masing negara tersebut yang turut menyaksikan secara langsung.

"Belum lagi kegiatan setelah Asian Games yakni Asian Para Games yang akan menghadirkan lebih dari 5.000 anggota kontingen. Oleh karena itu, mari bekerja bersama menyukseskan Asian Games dan Asian Para Games agar sukses sebagai tuan rumah dan dalam berprestasi," pungkasnya. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: