Jokowi Beberkan Capaian Kerja Untuk Sektor UMKM dan Warga Miskin

TrubusNews
Ihsan Maulana
16 Agu 2018   12:30 WIB

Komentar
Jokowi Beberkan Capaian Kerja Untuk Sektor UMKM dan Warga Miskin

Presiden Jokowi (Foto : Trubus.id / Ihsan Maulana)

Trubus.id -- Presiden RI, Joko Widodo mengatakan, saat ini pemerintah tengah fokus pada pengembangan sektor UMKM dan berbagai lapisan masyarakat.

"Saat ini pemerintah tidak hanya memperhatikan usaha yang besar-besar saja, tapi juga fokus pada UMKM dan 40 persen lapisan masyarakat terbawah," ujar Presiden Joko Widodo, dalam Sidang Tahunan MPR Tahun 2018 di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (16/8).

Jokowi merinci, dalam menyasar 40 persen lapisan masyarakat terbawah itu, pemerintah menjalankan program Reforma Agraria dan Perhutanan Sosial, lalu diiringi dengan peningkatan akses permodalan bagi usaha ultra mikro, usaha mikro, dan usaha kecil.

Baca Lainnya : Akankah Krisis Ekonomi Turki Berdampak ke UMKM RI? 

Sementara itu, untuk mendorong perkembangan usaha UMKM, pemerintah telah menurunkan tarif pajak final UMKM menjadi 0,5 persen, serta penajaman KUR bagi 12,3 juta UMKM.

Untuk memberikan jaminan perlindungan sosial, pemerintah disebutnya telah bekerja menjaga stabilitas harga bahan-bahan pokok, menyalurkan Program Keluarga Harapan (PKH) kepada 10 juta keluarga penerima manfaat, serta mereformasi sistem bantuan pangan menjadi program bantuan nontunai. Agar lebih tepat sasaran, maka pemerintah berjanji cakupannya akan ditingkatkan menjadi 15,6 juta penerima manfaat di tahun 2019.

"Dengan kerja nyata, rasio gini sebagai indikator ketimpangan pendapatan terus kita turunkan, yang saat ini berhasil kita turunkan dari 0,406 menjadi 0,389," sambungnya.

Baca Lainnya : Tak Lagi di Pinggir Jalan, Sultan Jogja Ingin Pelaku UMKM Gelar Produknya di Bandara

Jokowi juga menjelaskan, selama empat tahun terakhir, pemerintah sudah berhasil merombak besar-besaran terhadap iklim kemudahan berusaha/berivestasi di Indonesia. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan membuat perekonomian menjadi lebih produktif dan kompetitif, sejalan dengan meningkatkan kemandirian bangsa. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Cegah Virus Corona, Kemendes PDTT Bentuk Desa Tanggap Covid-19

Pendampingan   26 Mar 2020 - 08:37 WIB
Bagikan:          
Bagikan: