PKH Kemensos Efektif Turunkan Angka Kemiskinan

TrubusPreneur
By Ihsan Maulana | Followers 0
15 Agu 2018   15:00

Komentar
PKH Kemensos Efektif Turunkan Angka Kemiskinan

pkhwonoayu.blogspot.com (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kementerian Sosial RI, terus menyiapkan tenaga pendamping, dalam memastikan penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH) berjalan lancar ke pelosok daerah di Tanah Air. Itu harus dilakukan, meski harus berjuang melewati jalan berlumpur di desa terpencil, hingga mengarungi lautan.

"Perjuangan pendamping PKH untuk memastikan bansos tepat sasaran dan efisien tidak mudah. Mereka harus melewati berbagai rintangan ke daerah terpencil," ujar Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Harry Hikmat di Jakarta, Rabu (15/8).

Ia menjelaskan, salah satu perjuangan para Pendamping PKH, seperti saat penyaluran bansos di Kecamatan Saluhu, Kutai Barat Provinsi Kalimantan Timur. Dimana untuk mencapai lokasi, mereka harus menempuh jalan bermedan berat dan berlumpur.

Baca Lainnya: Dengan PKH, Keluarga Kurang Mampu di Bengkulu Kini Mandiri

Atau ketika para Pendamping PKH ketika menuju lokasi di Asmat, Papua. Kondisi wilayah di Asmat yang mayoritas ber medan rawa-rawa dan tanah gambut, mereka hanya mengandalkan jalan menggunakan papan kayu.

"Bahkan jika air pasang, maka rawa-rawa dan tanah gambut tersebut bisa tergenang sehingga menutup akses ke lokasi itu," jelas Harry.

Harry menekankan, meski menghadapi berbagai tantangan termasuk infrastruktur dan akses yang sulit, para Pendamping PKH tetap harus melaksanakan tugasnya yaitu memastikan bantuan tepat sasaran, tepat jumlah dan tepat waktu.

Baca Lainnya: Keren, Program Bimbingan PKH Kemensos Berhasil Mandiri Secara Ekonomi

Di sisi lain, Pendamping PKH juga harus berfungsi mengadakan pertemuan kelompok bulanan,  dengan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH dampingannya. Para Pendamping juga harus memberikan semangat dan motivasi KPM untuk menjadi keluarga mandiri dan sejahtera.

Di samping itu, pendamping juga melakukan fungsi penanganan pengaduan masyarakat, dan melakukan edukasi kepada KPM tentang pengelolaan bansos non tunai hingga literasi keuangan inklusif.

PKH juga menjadi satu-satunya bansos yang memiliki pendamping, sehingga efektivitas bantuan bisa signifikan dalam penurunan angka kemiskinan.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: