Keterlibatan Orangtua Dalam Pendidikan Anak Dinilai Sukseskan Prestasi di Sekolah, Kenapa? 

TrubusPreneur
By Ihsan Maulana | Followers 0
  :

Komentar
Keterlibatan Orangtua Dalam Pendidikan Anak Dinilai Sukseskan Prestasi di Sekolah, Kenapa? 

Ilustrasi (Foto : Pixabay)

Trubus.id -- Psikolog dari Universitas Negeri Padang (UNP) Tuti Rahmi, M.Psi mengatakan, keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak, akan meningkatkan sensitivitas dan interaksi yang positif antar keduanya.

Selain itu, pelibatan orang tua akan membuat anak lebih sukses di sekolah, karena anak akan menampilkan perilaku positif, harga diri anak jadi lebih baik, lebih disiplin, memiliki sikap yang positif, dan tentunya lebih termotivasi.

"Keuntungan lainnya bagi orang tua sendiri ketika terlibat aktif pada pendidikan anaknya, sehingga bisa mengikuti perkembangan dengan baik, bisa lebih memahami tugas guru dan kurikulum sekolah, ujarnya ketika ditemui wartawan di Padang, Selasa, (14/8).

Baca Lainnya : Anak-anak Korban KM Sinar Bangun Dapat Bantuan Pendidikan Sampai Perguruan Tinggi

Untuk mencapai hal itu, ia menekankan harus ada upaya yang mesti dilakukan oleh orang tua dari lingkungan rumah tangga. Salah satunya dengan menciptakan lingkungan yang kondusif, dalam suasana belajar anak.

Langkah kedua adalah, mendorong anak terlibat aktif dalam kegiatan sekolah, serta memastikan anak mengerjakan tugas-tugas sekolahnya sebaik mungkin.

"Orang tua juga harus mengarahkan dan membantu anak, untuk menjadi lebih terorganisir, meningkatkan kedisiplinan dan tidak lupa memberikan penghargaan pada anak atas usaha yang dilakukannya untuk menjadi lebih baik tadi," tegasnya.

Baca Lainnya : Menko PMK Mengupayakan Anak Indonesia Dapat Pendidikan Sesuai

Ia meyakini, andil orang tua dalam pendidikan anak, akan membuat mereka lebih memahami kebijakan dalam bidang pendidikan, sehingga ketika diminta terlibat aktif di sekolah mengetahui konstribusi apa yang diperlukan.

"Jelas, orangtua mesti memahami psikologi perkembangan anak, karena dengan begitu, orang tua tentu lebih memahami sehingga mengetahui apa yang harus dilakukan dalam membantu perkembangan anaknya di sekolah agar optimal," sambungnya. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

607 Infrastruktur Kaltim Dibangun dari Dana Desa

Binsar Marulitua   Pendampingan
Bagikan:          
Bagikan: