Lewi Cuaca: Prospek Pertanian Organik Sangat Bagus

TrubusPreneur
By Karmin Winarta | Followers 0
04 Agu 2018   14:00

Komentar
Lewi Cuaca: Prospek Pertanian Organik Sangat Bagus

Lewi Cuaca, eksportir bahan makanan organik (Foto : Karmin Winarta)

Trubus.id -- Dunia pertanian yang dianggap tak mempunyai prospek baik itu ternyata masih mempunyai peluang yang baik. Saat ini kesadaran masyarakat untuk hidup sehat telah meningkat. Makin banyak orang yang mulai meninggalkan kebiasaan lama yakni mengonsumsi makanan tanpa memperhatikan sistem tanamnya.

Mereka kini lebih selektif dalam memilih makanan yang dikonsumsi. Mereka memilih mengonsumsi makanan organik, makanan yang diproduksi dan diproses tanpa pupuk dan bahan kimia dan juga tanpa modifikasi genetik. Karena permintaan yang terus meningkat itu, menurut Lewi Cuaca, eksportir bahan makanan organik, saat ini pertumbuhan pertanian organik sangat pesat seirama dengan perkembangan tren perkembangan dunia terhadap kebutuhan pangan organik.ini.

Baca Lainnya: Konsumsi Makanan Organik, Seberapa Sehatnya?

Ia telah menekuni pertanian organik ini sejak tahun 2004 dengan memberdayakan petani-petani yang ada di Purwokerto, Alor, Tmor dan daerah-daerah lainnya. Ia telah mengekspor bahan makanan organik mulai dari gula kelapa, kacang tanah, vanili, kacang loreng flores, tepung tapioka dan lainnya.

"Pertanian organik juga merupakan suatu alernatif pilihan yang baik bagi petani-petani di daerah terpencil yang memang untuk mendapatkan akses pupuk dan bahak kimia pabrikan sangat jauh, sangat terbatas dan dengan harga yang sangat tinggi karena proses transportasi ke wilayah mereka sehingga untuk mendapatkan bahan-bahan tersebut sangat sulit." katanya kepada Trubus.id, Jumat (3/8).

Baca Lainnya: Musim Kemarau, Saatnya Petani Produksi Pupuk Organik

Lebih detail ia menjelaskan, bagi para petani Indonesia, khususnya di Timor, Alor dan wiayah lain, pertanian organik merupakan alternaitf yang baik karena selama ini mereka telah terbiasa dengan pertanian organik yang tidak memakai pupuk kimia atau bahan kimia lainya.

Sebagai eksportir bahan makanan organik, ia menilai, hasil tanaman organik para petaniyang dipanen harganya lebih tinggi karena pasarnya memang mempunyai kemampuan daya beli yang lebih tinggi daripada produk pertanian biasa. [KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: