Sudah Saatnya Kopi Lokal Papua Bisa Eksis di Pangsa Pasar Domestik dan Internasional

TrubusPreneur
By Ihsan Maulana | Followers 0
02 Agu 2018   18:30

Komentar
Sudah Saatnya Kopi Lokal Papua Bisa Eksis di Pangsa Pasar Domestik dan Internasional

Ilustrasi (Foto : Pixabay)

Trubus.id -- Kopi merupakan salah satu komoditas unggulan Indonesia. Terlebih, kopi-kopi nusantara seperti Arabika, Robusta, Toraja, dan lainnya sudah melanglang buana dikenal masyarakat dunia.

Perkembangan kopi nusantara juga dimiliki oleh provinsi paling timur Indonesia, yaitu Papua. Meski tidak se-terkenal kopi nusantara lainnya, bukan berarti kopi lokal Papua tidak bisa bersaing dan merambah pasar dunia. Untuk itu, Bank Indonesia terus mendorong agar pengembangan kopi lokal Papua bisa makin optimal. Terlebih, kondisi alam tanah papua yang masih terjaga baik.

Kepala kantor perwakilan BI Papua Joko Supratikno mengatakan, pihaknya akan mendorong berbagai upaya pengembangan usaha kopi Papua, sehingga masyarakat disana bisa lebih sejahtera.

Baca Lainnya : Ingin Kembali Berjaya, Pemkab Jember Bina 214 Ribu Petani Kopi dan Latih Barista

"Ini terus kami dorong ya, karena permintaan kopi Indonesia cukup tinggi baik secara domestik maupun Internasional. Saya yakin salah satunya bisa dipenuhi dari Papua," ujarnya di Jayapura, Kamis (2/8).

Salah satu bentuk dukungan bagi pengusaha kopi lokal Papua, adalah dengan Festival Kopi Papua yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan BI Papua, pada 3-4 Agustus 2018 esok.

Baca Lainnya : Pengamat Pertanian Nilai Pengembangan SDM Petani Kopi Flores Belum Optimal

"Festival ini murni bukan hanya kegiatan komersial, tapi bagaimana kita memacu kesadaran masyarakat disini untuk mengembangkan budidaya kopi," tambahnya.

Tercatat, sedikitnya ada 10 Kabupaten di provinsi Papua yang akan mengikuti festival ini. Acara tersebut juga menjadi yang pertama dan akan diikuti oleh pegiat kopi dari Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Serui, Kabupaten Kepulauan Yapen, Monemi, Dogiyai, dan Kabupaten Pegunungan Bintang. [NN]


 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: