Dorong Pendapatan UMKM, Kanwil DJP Jabar 1 Siap Lakukan Pendampingan

TrubusPreneur
By Ihsan Maulana | Followers 0
26 Juli 2018   18:15

Komentar
Dorong Pendapatan UMKM, Kanwil DJP Jabar 1 Siap Lakukan Pendampingan

Ilustrasi (Foto : Trubus.id / Ihsan Maulana)

Trubus.id -- Dalam waktu dekat, Kantor Wilayah (Kanwil) DJP (Direktorat Jenderal Pajak) Jawa Barat 1, akan melakukan pembinaan, promosi, dan konsultasi kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah setempat. Hal ini diharapkan agar penghimpunan pajak bisa meningkat, seiring dengan pertumbuhan bisnis para pelaku usaha.

Kepala Kanwil DJP Jabar 1, Yoyok Satiotomo menjelaskan, potensi pajak dari sektor UMKM memang sangat menjanjikan, karena jumlah pelakunya sangat banyak. Meski begitu, masih sedikit yang mau terbuka mengenai laporan omset.

Baca Lainnya : UMKM Indonesia Berpotensi Kalahkan Alibaba dengan Go Online

"Jadi mereka belum melaporkan secara benar, sehingga penghimpunan pajak menjadi kurang optimal," papar Yoyok seusai mengisi acara Seminar Bisnis dan Edukasi Perpajakan di Telkom University, baru-baru ini.

Yoyok menambahkan, target penghimpunan pajak tahun ini sebesar Rp32,4 triliun, dengan realisasi per 25 Juli mencapai Rp15,09 triliun. Sementara kontribusi pajak dari UMKM baru sekitar 30%.

Yoyok menyebutkan, hasil penghimpunan pajak akan digunakan untuk membiayai pembangunan, sehingga bisa menumbuhkan perekonomian rakyat.

Untuk itu, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada seluruh pihak mulai dari pemerintah daerah, akademisi, dan komunitas usaha, tentang penurunan tarif pajak bagi pelaku UMKM dari 1% menjadi 0,5%.

Baca Lainnya : 40 UMKM Promosikan Produk Farmasi kepada Perwakilan Asing

Kemudian, pihaknya juga akan melakukan pembinaan kepada pelaku UMKM, salah satunya dengan bantuan promosi produk. Beberapa produk dari Kabupaten Bandung yang turut dikenalkan kepada khalayak, yakni renginang, Ina Cookies, dan Kopi Bandrek Abah.

"Kita tidak hanya menunggu setoran pajak, tapi kami juga proaktif mendorong mereka (UMKM) agar lebih besar. Dengan demikian, penghimpunan akan lebih tinggi," tandasnya. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: