Daerah Tertinggal Harus Dapat Perhatian Lebih Lewat Dana Otsus

TrubusPreneur
By Ihsan Maulana | Followers 0
26 Juli 2018   23:00

Komentar
Daerah Tertinggal Harus Dapat Perhatian Lebih Lewat Dana Otsus

Ilustrasi (Foto : Pixabay)

Trubus.id -- Bupati Teluk Wondama, Papua Barat, Bernadus Imburi menilai, sejumlah daerah tertinggal harus memperoleh perhatian lebih dari pemerintah pusat, dalam hal ini lewat pembagian dana Otonomi Khusus (otsus).

Ia menambahkan, aspek ketertinggalan daerah selayaknya menjadi salah satu variable dalam pembagian dana tersebut, selain tiga indikator yang telah digunakan selama ini. Dengan begitu, kabupaten yang masuk dalam kategori daerah tertinggal akan memiliki ruang fiskal lebih dari daerah lainnya.  

Baca Lainnya : Atasi Kesenjangan di Daerah Tertinggal, Kemendes PDTT Terapkan Program Simatri

"Karena jika tidak, kasian orang-orang Papua yang tinggal di daerah tertinggal. Mereka akan sulit mengejar ketertinggalannya dari daerah lain," ujar Bernadus, Kamis (26/7).

Ia menambahkan, selama ini indikator yang menjadi acuan pembagian dana Otsus ke kabupaten/kota yakni luas wilayah, jumlah penduduk asli Papua hingga kondisi geografis.

"Paling tidak dalam pembagian dana Otsus kepada kabupaten/kota, konsepnya ya kesejahteraan sosial yang lebih baik dengan memberikan subsidi kepada kabupaten/kota yang masih tertingggal," lanjutnya.

Dalam kesempatan terpisah, Sekretaris Daerah Teluk Wondama, Denny Simbar mengatakan, beberapa waktu lalu, Komisi A DPRD Papua Barat telah melaksanakan kunjungan kerja ke Wondama.

Baca Lainnya : Akademi Desa Fokus pada Pengembangan Pendamping Desa

Dalam kunjungan tersebut, pihak Pemkab Teluk Wondama terus mendorong penyusunan regulasi berupa Perdasi (Peraturan Daerah Provinsi), hingga Perdasus (Peraturan Daerah Khusus) yang mengatur tentang penggunaan dana Otsus untuk bidang pendidikan bagi warga kurang mampu.

“Memang sekarang kan sudah ada dana desa, tapi pendidikan tidak tercover, kecuali PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) yang bisa dibiayai dari dana desa maupun alokasi program dana desa yang dikucurkan pemerintah daerah melalui APBD," tandasnya. [RN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: