Kemensos Kirim Logistik ke Daerah Krisis Pangan di Wilayah Terpencil Maluku

TrubusNews
Ihsan Maulana
24 Juli 2018   18:30 WIB

Komentar
Kemensos Kirim Logistik ke Daerah Krisis Pangan di Wilayah Terpencil Maluku

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Dalam waktu dekat, Kementerian Sosial RI akan segera mengirimkan bantuan logistik, untuk masyarakat di wilayah pedalaman hutan Seram di pegunungan Morkele, Kabupaten Maluku Tengah, akibat krisis pangan.

"Saat ini Kemensos sudah berkoordinasi dengan dinas sosial setempat dan bantuan akan disalurkan besok, Rabu ya," ujar Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos, Harry Hikmat di Jakarta, Selasa (24/7).

Ia merinci, bantuan yang akan diberikan terdiri dari satu ton beras, 100 lembar matras,180 lembar selimut, 35 paket pakaian anak dan 60 paket kebutuhan lansia, serta stok penyangga Dinsos Provinsi Maluku.

Baca Lainnya : Tanggung Jawab Semua Pihak Jadikan Lansia Sejahtera

Bantuan stok penyangga dari Dinsos Kabupaten Maluku Tengah berupa peralatan memasak, tenda, selimut dan matras serta makanan siap saji sebanyak 90 kaleng.

10 personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) juga akan diperbantukan dalam membantu masyarakat. Sebelumnya, krisis pangan ini terjadi karena serangan hama babi hutan dan tikus, terhadap tanaman perkebunan warga di Negeri Maneo Rendah, Kecamatan Seram Utara Timur Kobi, Kabupaten Maluku Tengah.

Baca Lainnya : Pemkot Yogyakarta Berikan Pendampingan Bagi 667 Warga Lansia

Akibatnya, sebanyak 45 Kepala Keluarga yang terdiri dari 170 jiwa terancam kelaparan. Krisis pangan ini dilaporkan telah menimbulkan tiga korban jiwa yakni seorang lansia dan dua balita.

Sementara itu, lokasi tinggal warga suku terasing tersebut, berada di Dusun Maneo jarak tempuhnya tiga jam menggunakan kendaraan dari Wahai, atau delapan jam dari Masohi, Ibu Kota Kabupaten Maluku Tengah. Lali dilanjutkan berjalan kaki delapan jam ke desa terdekat. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Berdayakan Ekonomi Warga Melalui Bank Sampah

Pendampingan   11 Sep 2020 - 14:09 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: